Cara membuat situs ujian online dengan wordpress

Tidak ada komentar 765 views
unmetered
unlimited

Cara membuat situs ujian online dengan wordpress, situs bank soal ujian online, mencari uang via soal ujian online

Hidup kita ditentukan oleh ujian. seperti ada Ujian Akhir Nasional (UAN), ujian CPNS, ujian kompetensi guru (UKG), dan banyak ujian lainnya. Satu-satunya cara untuk mendapatkan pengakuan dari pihak lain—dalam rupa sertifikat—adalah dengan melewati ujian-ujian tersebut. Oleh karena itu, siapa pun harus melewati ujian yang berbeda-beda sepanjang hidupnya. Ujian itu mempengaruhi masa depan seseorang. Gagal Ujian Akhir Nasional, seorang siswa harus menghadapi kenyataan tidak lulus sekolah. Tidak berhasil menjawab soal-soal CPNS, si calon pegawai harus puas dengan menyandang predikat pegawai swasta atau menjadi pengusaha. Intinya, ujian itu penting dan memengaruhi masa depan seseorang. Kalau sudah begini, kita bisa mengomersialkan keinginan banyak orang yang ingin lulus ujian itu. Caranya, dengan membuat kisikisi soal-soal ujian online yang lantas dikomersialkan.

Dengan adanya situs seperti itu, masyarakat bisa menjajal dan mengetahui soal-soal apa saja yang nanti kiranya ditanyakan saat sesi ujian sesungguhnya berlangsung. Jika mereka sudah tahu kisi-kisinya, diharapkan mereka bisa lolos ujian dengan baik.
Inilah Caranya Uang Mengalir Masuk
Bagaimana caranya mendapatkan uang dari bisnis kuis itu? Skemanya sebenarnya cukup sederhana. Buatlah situs kuis seperti yang akan kita buat nanti. Kuis itu dapat berbentuk:

• Kisi-kisi ujian, entah ujian nasional, ujian masuk menjadi pegawai negeri, ujian sertifikasi komputer, dan ujian-ujian lainnya. Cukup buat deretan soal-soal beserta jawabannya yang isinya kira-kira menyerupai soal-soal ujian yang nanti akan muncul saat ujian nasional, tes penerimaan pegawai negeri, dan lain sebagainya.

• Ujian online, atau biasa disebut online examination. Untuk membuat online examination memang cukup rumit karena Anda harus bekerja sama dengan pihak lain yang berhak mengeluarkan keputusan apakah orang itu lulus ujian atau tidak. Tentu saja, karena berbentuk ujian online, pertanyaanpertanyaan yang diajukan adalah pertanyaan “serius” (bukan sekAdar kisi-kisi) dan hasil ujian itu sangat menentukan nasib seseorang.
Salah satu model ujian online yang ada di internet antara lain MapleSoft (http://www.maplesoft.com/). Orang yang ingin mengambil sertifikasi dari Maple (software komputer untuk penghitungan matematika) harus ikut ujian online lewat situs tersebut.

Agar konsumen mau mengirimi Anda uang, maka buatlah halaman login khusus bagi member. Itu artinya, tanpa username dan password, mereka tidak bisa mengikuti kuis tersebut.

Semua  situs  yang  akan  kita  buat  lebih baik menggunakan  WordPress  sebagai platform‐nya. Oleh karena itu, akan lebih mudah bagi Anda  jika Anda mengetahui dasar‐dasar mengoperasikan Wordpress.  jika anda memilik hosting, anda  bisa  membuatnya dengan cara  menginstal platform  Wordpress menggunakan Fantastico. (ingin memiliki hosting gratis ?  klik DISINI
Membuat Kuis Menggunakan WP Survey and Quiz Tool
WP Survey and Quiz Tool merupakan plugin WordPress yang fungsinya untuk menciptakan kuis-kuis ke dalam situs Anda— dengan catatan selama situs Anda dibuat menggunakan WordPress. Kapabilitas WP Survey and Quiz Tool termasuk baik. Anda bisa menciptakan beragam jenis kuis, mulai dari check point hingga essay.

Untuk menggunakan plugin ini, lakukan langkah-langkah berikut:

1. Silahkan menuju ke alamat berikut: http://wordpress.org/extend/ plugins/wp-survey-and-quiz-tool/.

2. Tekan tombol Download

3. Sabarlah menanti sampai proses download selesai dilakukan. Kalau sudah selesai, Anda akan mendapatkan file bernama wp-survey-and-quiz-tool
Kalau sudah selesai men-download Anda bisa memasangnya ke situs WordPress Anda ikuti penjelasan di bawah ini untuk proses instalasinya.

Instalasi WP Survey and Quiz Tool Plugin tersebut di atas harus diaktivasi terlebih dulu. Namun sebelum diaktivasi, plugin itu wajib di-upload ke sistem WordPress yang ada di situs Anda. Untuk melakukan hal tersebut, lakukan langkah-langkah di bawah ini:

1. Login-lah terlebih dan masuk ke dashbor Wordpress Anda dengan mengetik alamat seperti contoh berikut ini: http://www.situsanda.com/wp-admin/.

2. Lantas, masukkan username dan password Anda pada kotak yang telah disediakan.

3. Tekan tombol Log In.

4. Kalau sudah, pilihlah menu Plugins dan kemudian, pilih Add New.

5. Pilihlah Upload dari deretan menu yang ada di bagian atas.

6. Anda akan masuk ke halaman untuk upload plugin, Tekan tombol Choose File.

7. Pilih file wp-survey-and-quiz-tool.zip dan tekan tombol Open.

8. Kalau sudah, tekan tombol Install Now.

9. Tunggulah sampai proses upload selesai. Akan membutuhkan waktu yang cukup lama mengingat file tersebut berukuran lumayan besar (± 7 Mb).

10. Jika muncul konfirmasi seperti berikut ini, berarti plugin WP Survey and Quiz Tool di atas berhasil diinstal secara sempurna dan siap digunakan.

11. Klik Activate Plugin untuk mengaktivasinya.
Tanda nyata bahwa WP Survey and Quiz Tool sudah berhasil diaktivasi terlihat pada munculnya menu baru di sisi kiri, yaitu menu Quizzes/Surveys.

 

Cara Membuat Kuis Baru
Kini, Anda siap untuk membuat kuis baru. Tidaklah sulit untuk membuat kuis baru. Yang sulit mungkin dalam penyusunan materinya agar soal-soal kuis yang ditanyakan memiliki bobot tinggi. Untuk membuat kuis baru, Anda bisa melakukan langkah-langkah sebagai berikut:

1. Pilih opsi Quizzes/Surveys yang ada di menu sebelah kiri pada dashboard WordPress Anda.

2. Lantas, di halaman berikutnya,klik tombol Create a Quiz.

3. Anda akan disuruh untuk melakukan konfigurasi awal dalam pembuatan Quiz.
4. Di bagian Name, tulislah nama kuis yang akan Anda buat. Misalnya, “Kumpulan Soal-Soal Test CPNS”, “Kisi-Kisi Ujian Kompetensi”, “Bocoran UAN 2016”, dan lain sebagainya.

5. Pada Complete Notification, Anda bisa memilih apakah akan dikirimi email jika peserta atau orang yang mengikuti kuis tersebut mencapai prestasi-prestasi tertentu. Misalnya: Instant untuk membuat sistem mengirimi Anda email hasil kuis atau Instant if 100% correct yang mengindikasikan bahwa Anda dikirimi email jika jawaban benar seluruhnya. Anda juga bisa minta dikirimi hasilnya per harian atau per jam dengan memilih Batched – Hourly atau Batched – Daily.

6. Pilihan Limit to One Submission dapat diaktifkan agar peserta kuis tidak dapat merevisi jawaban yang telah ia buat. Pilih Yes untuk membatasi koreksi atau No untuk membiarkan para peserta merevisi jawaban-jawabannya tadi.

7. Lantas, pilihan Display Result on Completion dipakai untuk mengatur apakah hasilnya akan ditampilkan selama seluruh kuis selesai dijawab (Yes) atau tidak (No).

8. Kalau Anda ingin membuat agar sistem WP Survey and Quiz Tool ini memberitahu peserta kuis jawaban mana yang benar setelah mereka selesai mengikuti kuis ini, maka pilihlah Yes pada opsi Display Review of Results on Completion.

9. Untuk mengaktifkan kuis ini, pilihlah pada opsi Status dimana Enabled berarti kuis Anda dalam kondisi aktif dan dapat dipergunakan, atau Disabled untuk efek selanjutnya.

10. Anda ingin tahu siapa orang yang mengikuti kuis ini? Aktifkan pilihan (dengan memilih Yes), pada opsi Contact Detail Forms.

11. Jika Anda ingin agar orang-orang yang telah menjadi member blog atau situs kita bisa ikut berpartisipasi dalam kuis, pilihlah No pada opsi Use WordPress User Details.

12. Tekan tombol Save Quiz kalau sudah.
Proses-proses di atas tidak mutlak harus diatur seperti pada contoh yang telah kami berikan. Anda dapat mengatur bagaimana kuis ini akan muncul di halaman situs Anda.

 

Cara Membuat Template Email

Apabila Anda mengaktifkan Complete Notification di atas maka akan ada email yang dikirimkan jika peserta kuis mendapatkan kondisi tertentu, misalnya mampu menjawab seluruh pertanyaan. Nah sekarang, apa yang akan dikirimkan ke email Anda? Datadata apa yang akan muncul? Untuk menentukan data-data apa saja yang akan muncul, Anda bisa menggunakan apa yang disebut Replacement Token. Daftar Replacement Token itu bisa Anda lihat di bagian bawah pada halaman pembuatan kuis itu:

Lantas, Replacement Token itu bisa Anda rangkai dengan katakata Anda sendiri dan tulislah di bagian Custom Email Template. Sebagai contoh, Anda bisa menulis seperti ini:

Informasi Kuis
Nama peserta: %USER_NAME%

Nama kuis: %QUIZ_NAME%

Peserta dengan nama %USER_NAME% tersebut di atas telah menjawab soal-soal yang diajukan pada tanggal %DATE_US% dan mendapatkan nilai sebesar: %SCORE%.
Hasil untuk peserta di atas dapat dilihat dengan mengklik link: %RESULT_URL%.

Terima kasih

Nanti dalam prakteknya, bagian Replacement Token akan diganti oleh data-data yang dimasukkan oleh peserta kuis dan sistem WP Survey and Quiz Tool.
Cara Membuat Komposisi Soal
Apabila proses pembuatan kuis di atas sudah usai, maka lanjutkan ke tahap berikutnya. Begitu proses pembuatan kuis tersebut sukses, maka akan muncul semacam kotak notifikasi. Di situ ada link bertuliskan Click here yang bisa Anda klik untuk masuk ke langkah berikutnya. Klik link itu. Lantas, Anda disuruh untuk membuat komposisi soal-soalnya. Saat ini, kita belum membuat daftar pertanyaan dan jawabannya. Kita hanya baru akan membuat jenis-jenis pertanyaan yang nanti akan diajukan. Pada prinsipnya, ada dua jenis pertanyaan, yaitu pertanyaan Multiple Choice (check point) dan Text Input (uraian).

Berikut langkah-langkahnya:

1. Pastikan Anda masuk ke setting pengaturan WP Survey and Quiz Tool.

2. Kemudian masukkan Soal Pilihan di bagian Name.

3. Lantas di bagian Type, pilih Multiple Choice.

4. Di bagian Difficulty, Anda bisa atur tingkat kesulitan pertanyaan-pertanyaan yang Anda ajukan.

5. Selanjutnya, Anda bisa atur jumlah pertanyaan yang akan diajukan di bagian Number of Questions.

6. Terakhir, Anda bisa mengatur apakah soal-soal itu akan disajikan secara acak (Random) atau tidak di bagian Order of Questions. Kalau Anda memilih Ascending, maka urut-urutan soal akan diselaraskan dengan cara pengurutan dari soal-soal awal ke soal-soal terakhir. Sedangkan Descending berlawanan dengan Ascending.

7. Kalau Anda ingin membuat komposisi soal-soal berikutnya, tekan tombol Add Section.

8. Tekan tombol Save jika sudah.
Sekarang, Anda sudah memilih komposisi soal-soal yang bisa ditanyakan. Sampai sejauh ini sebenarnya Anda sudah bisa membuat soal-soal yang akan diajukan. Namun sebelum membuat soal-soal itu, kita akan melakukan konfigurasi sedikit lagi terkait bagaimana soal-soal itu akan disajikan dan siapa saja yang nanti berhak untuk mendapat kiriman email terkait hasil kuis itu.
Cara Menggunakan Menu Options
Di sisi kiri pada menu Quizzes/Surveys, ada submenu dengan nama Options. Fungsinya untuk mengatur beberapa parameter, misalnya dalam satu halaman, ada berapa soal yang diajukan, dan lain sebagainya. Berikut langkah-langkahnya:

1. Pilihlah opsi Options itu.

2. Anda akan diarahkan ke halaman Options untuk pengaturan email dan jumlah soal.

3. Di bagian Items per Page, Anda bisa atur berapa jumlah pertanyaan yang diajukan dalam satu halaman.

4. Sedangkan bagian Notification Group berfungsi untuk mengatur siapa saja yang berhak untuk menerima email berisi hasil kuis yang diikuti seseorang. Di sini, indikator pemilihan orangorang yang berhak tersebut diatur menurut Role Member yang berlaku di dunia WordPress. Untuk mengetahui Role masingmasing Member berdasarkan sistem yang berlaku di WordPress, masuklah ke halaman ini: http://codex.wordpress.org/Roles_and_Capabilities.

5. Apabila Anda tidak ingin menggunakan Notification Group, pilihlah None.

6. Jika Anda memilih None, Anda bisa mengirim hasil kuis ke alamat email orang-orang yang lebih spesifik (tidak berdasarkan Role). Artinya, Anda tinggal tulis alamat email orangorang itu secara langsung. Tulis alamat-alamat email itu di bagian Notification Email. Jika ada beberapa email yang Anda masukkan, pisahkan dengan tanda koma.

7. Bagian From Email, Anda bisa isi dengan alamat email Anda sebagai pengirim.
8. Terakhir, Anda bisa edit materi email yang akan dikirimkan ke orang-orang tersebut pada kotak Custom Email Template. Cara membuat materinya sama seperti saat kita membuat materi email sebelumnya (menggunakan Replacement Token).
Jangan lupa, tekan tombol Save Quiz. Dengan begitu Anda sudah siap untuk membuat soal-soalnya.
Menyusun Soal-Soal
Sekarang waktu yang tepat untuk menyusun soal-soalnya. Jadi pada sesi ini, Anda bisa membuat kumpulan soal beserta jawaban jawabannya (jika multiple choice) atau menyusun pertanyaan untuk jawaban esai. Berikut langkah-langkah yang perlu Anda lakukan:

1. Pilihlah opsi Quizzes/Surveys.

2. Arahkan kursor mouse Anda pada nama kuis yang akan Anda tambahi soal-soal pertanyaan.

3. Ketika muncul pilihan-pilihan, ambil pilihan Questions.

4. Anda akan masuk ke halaman untuk pengeditan soal-soal untuk ujian.

5. Tekan tombol Add New Question.

6. Lantas, susunlah soal-soal ujian yang Anda inginkan
7. Buatlah soal pertanyaannya di kotak Question. Misalnya, “Nama planet yang terdekat dengan matahari adalah?”.

8. Di bagian Question Type, pilihlah bagaimana peserta kuis menjawab soal-soal itu. Ada beberapa pilihan, yaitu:

a. Free Text: Peserta harus menjawab dengan model uraian.

b. Multiple Choice: Peserta bisa menjawab lebih dari satu jawaban yang benar dari soal-soal pertanyaan berjenis multiple choice.

c. Single Choice: Peserta menjawab satu jawaban yang benar saja dari pertanyaan berjenis multiple choice.

9. Anda bisa memberi nilai untuk tiap-tiap soal pada bagian Points. Jadi, soal yang sulit bisa memiliki poin lebih tinggi.

10. Anda juga bisa menandai tingkat kesulitan soal itu dengan memilih indikatornya di bagian Difficulty.

11. Pilihlah Section yang telah kita buat sebelumnya.

12. Apabila soal yang Anda ajukan mengandung penjelasan lebih lanjut, Anda bisa mendeskripsikannya di bagian Additional Text. Misalnya, “Pertanyaan ini menjelaskan urut-urutan planet dalam sistem tata surya. Setelah matahari, Anda akan menemukan planet apa?”.
Soal yang dilengkapi Additional Text (soal nomor satu) dan yang tidak (soal nomor dua)
13. Jika Anda berbaik hati dalam menyusun soal-soal, Anda bisa membuat semacam bocoran agar peserta kuis tidak kesulitan. Bocoran itu bisa Anda tuliskan di bagian Answer Hint. Misalnya, Anda tulis “Nama planet itu berawalan dengan huruf “M”. Pilihan ini khusus untuk Free Text.

14. Jika Anda memilih jenis soal Multiple Choice atau Single Choice, maka akan muncul kotak tempat menulis jawabanjawabannya, baik jawaban benar maupun salah.

15. Tulislah jawabannya di kolom Answer. Jika jawaban itu adalah jawaban yang benar, pilihlah Yes di kolom Correct. Namun jika jawaban itu salah, pilih No di kolom Correct itu.

16. Tekan tombol Add Answer.

17. Lakukan langkah di atas berulang-ulang untuk menulis deretan jawabannya.

18. Tekanlah tombol Save Questions.
Idealnya, sebuah kuis harus terdiri dari banyak pertanyaan. Oleh karena itu, Anda harus mengulang langkah-langkah di atas satu demi satu sampai Anda merasa jumlah-jumlah yang disajikan cukup banyak. Untuk membuat soal-soal lainnya, klik link Go Back to Question List atau ulangi prosedur di atas dari awal.

 

 

Cara Posting Kuis
Apabila Anda sudah menyusun soal-soal yang ingin diajukan ke para peserta kuis, maka sekarang tiba waktunya untuk memposting kuis itu ke dalam situs Anda. Untuk melakukan posting, Anda tidak perlu menulis materi apa pun yang berkaitan dengan soal dan jawaban sebab materi-materi itu sudah Anda susun sebelumnya lewat langkah-langkah di atas. Tugas Anda sekarang hanyalah memasukkan shortcode kecil di dalam posting. Untuk mem-posting kuis, lakukan langkah-langkah di bawah ini:

1. Anda bisa mem-posting kuis tersebut di Post biasa atau Page. Disarankan untuk memilih Page karena kuis-kuis itu bisa disendirikan dalam halaman khusus.Pilihlah Page.

2. Kalau sudah, pilih Add New.

3. Tulislah judul Page yang Anda inginkan. Misalnya “Kuis-Kuis”, “Kumpulan Kuis”, “Kuis UAN”, dan seterusnya.

4. Setelah itu, Anda bisa menulis deskripsi singkatnya di Editor WordPress.
5. Setelah itu, tulis shortcode ini: [wpsqt_quiz name=”nama kuis”]. Untuk nama kuis, tulislah dengan lengkap di antara tanda petik itu. Nama kuis bisa dicek sewaktu Anda membuat kuis pertama kali, atau klik Quizzes/Surveys.

6. Dengan demikian, materi di dalam Editor tampak dan telah jadi
7. Tekan tombol Publish kalau sudah.

Begitu dipublikasikan, Anda bisa melihat kuis itu. Sebagai contoh, Anda bisa lihat hasilnya seperti gambar di bawah

 

Tip dan Trik
Secara umum, langkah-langkah di atas sudah menjelaskan kepada Anda bagaimana caranya membuat kuis. Anda bisa membuat kuis sebanyak Anda suka tanpa batasan jumlah pertanyaan. Untuk melengkapi pembuatan kuis di atas, perhatikan tip dan trik berikut ini agar Anda dapat menciptakan kuis yang lebih bagus performanya.
Mencatat Peserta Kuis Kuis yang Anda ciptakan itu bisa diikuti oleh siapa pun. Hanya saja, Anda bisa bebas menentukan apakah para peserta itu perlu mencantumkan namanya atau tidak. Jika tidak, maka Anda tidak akan pernah tahu siapa yang mengikuti kuis itu. Di dalam email yang nanti akan Anda terima, Anda hanya akan mendapatkan deskripsi

Sampai disini saja ya sobat, selamat mencoba…

unlimited
author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Cara membuat situs ujian online dengan wordpress"