Cara membuat wigget menjadi nofollow

3 comments 192 views
unmetered
unlimited

Kali ini seowaps akan membahas tips seo dan panduan blogger Cara membuat wigget nofollow , sobat jika seorang blogger pasti tahu lah yang namanya webmaster tools dan terlihat di hmtl di situ akan terlihat dupikat judul, duplikat archive dan dll. dalam arti situ dalam pengturan HTML berarti tidak benar / eror maka kali akan membahas semua wigget menjadi nofollow agar tidak di craw oleh robot google dan tidak di index. label Blogger/Blogspot bukan berupa link yang bersifat permanent (permalink) melainkan link yang hanya terbentuk sebagai hasil perintah pencarian dan pengelompokan posting-posting dengan label tertentu. Oleh karena itu, bagi search engine (terutama Google) link-link semacam ini bukan merupakan link yang sah untuk diindeks. Untuk menghindarkan proses indeks terhadap link label, atribut nofollow perlu ditambahkan pada semua label, termasuk link label yang dimasukkan di dalam badan posting/artikel. Dengan memberikan atribut nofollow pada label, diharapkan proses optimalisasi SEO Blogspot menjadi lebih maksimal.


Jika link-link label ditambahkan secara manual, maka cukup tambahkan atribut rel=”nofollow” pada tag a label. Contoh Link nofollow:

<a href=”http://www.web.unmetered.co.id/search/label/HTML-CSS%20Tricks”rel=”nofollow”>HTML-CSS Tricks</a>

Namun pada label yang ditampilkan pada widget yang bersifat otomatis, misalnya widget labelBlogger dan label yang ditampilkan di atas/di bawah posting, maka harus ditambahkan atribut nofollow pada bagian tag xml label.

Cara menambahkan atribut nofollow pada seluruh label secara otomatis:
1. Masuk ke dashboard > design/rancangan > Edit HTML.
2. Klik/check “Expand Widget Templates”
3. Cari data:label.url (gunakan Ctrl + F)
Secara utuh, kode tersebut ada dalam tag seperti ini:

<a expr:href=’data:label.url‘>

4. Tag itu biasanya ada yang berjumlah satu atau dua tergantung pada jenis template XML Blogger tysng digunakan. Bahkan dalam beberapa template XML Bogger tertentu, ada pula yang berjumlah lebih dari dua. 
Untuk mengubah label menjadi nofollow, tambahkan atribut rel=’nofollow’ ke dalam semua tag tersebut seperti pada contoh berikut:

<a expr:href=’data:label.url‘ rel=’nofollow’>

5. Setelah anda menambah atribut nofollow pada tag-tag tersebut, kemudian save template.
6. Done!

Note (IMPORTANT!):
Bagi yang kalian menggunakan menu/navigasi breadcrumbs, akan ditemukan tag sejenis dengan di belakangnya dibubuhi atribut rel=’tag’:

<a expr:href=’data:label.url‘ rel=’tag’>

Jika ditemukan tag seperti di atas, sebaiknya JANGAN ubah atribut rel=’tag’ menjadi rel=’nofollow’, karena itu bagian dari breadcrumbs yang berfungsi memberi tahu search engine bahwa url link tersebut berfungsi sebagai tag yang bersifat informatif bagi search engine.
unlimited
author
3 Respon

Tinggalkan pesan "Cara membuat wigget menjadi nofollow"