CARA MENGATASI DUPLIKAT META DESCRIPTION DAN KONTEN

unmetered
unlimited

Cara Menghilangkan dan mengatasi Duplikat Meta Description,

meta tag deskripsi

Bagi sobat yang belum tau, caranya adalah masuk ke google web master tools > pilih blog yang ingin dicek >kemudian pilih Diagnostik > dan pilih tab Saran HTML. Nah ternyata disana ada sedikit masalah dengan blog saya ini, google mendeteksi adanya Duplikasi Deskripsi atau Duplicate Description.

Maksud dari masalah ini adalah karena adanya beberapa halaman yang memiliki deskripsi yang sama contohnya halaman about dan sitemap, padahal saya sudah menggunakan meta tag yang sifatnya dinamis untuk blog saya ini supaya lebih SEO Friendly. Deskripsi suatu halaman pada web atau blog, menurut para ahli kunci SEO, memang memegang peranan penting, bahkan ada yang bilang lebih penting dari meta tag keyword! Menurut saya pribadi sih memang penting karena google sendiri menyarankan kita untuk membuat meta tag deskripsi, bukan meta tag keyword agar lebih mudah terindkes, selain itu deskripsi juga bisa membantu visitor untuk mengetahui isi dari suatu web atau blog.

Penyebab Duplikat Deskripsi

Untuk mengetahui penyebab duplikat deskripsi ini sebenarnya sangat mudah, jika sobat sudah membaca postingan saya sebelumnya tentang meta tag dinamis, maka sobat akan segera paham permasalahannya. Di sana disebutkan untuk membedakan halaman home page dan halaman artikel kita bisa menggunakan kode

<b:if cond=’data:blog.pageType == &quot;item&quot;’>

yang artinya adalah jika tipe halaman adalah halaman artikel maka bla bla bla, dan kemudian disusul oleh perintah “else” untuk halaman selain halaman artikel.

Mengatasi Duplikat Deskripsi

Setelah kita menganalisis penyebab terjadinya duplikat deskripsi, maka kita bisa mengatasi hal tersebut dengan menambahkan kondisi pengecekan, logikanya gini : “jika halaman itu halaman artikel maka deskripsinya adalah judul artikel, jika bukan maka di cek lagi, kalau halaman static seperti halaman about maka deskripsi nya tetep sesuai nama halaman, jika bukan halaman static baru deskripsi tentang home page alias deskripsi umum blog kita” paham gag? :p kalo gag paham ya sama, ane juga ga paham hehehehe. Solusinya gampang kok, tinggal tambahkan kode pengecekan, sehingga nanti menjadi seperti ini:

<b:if cond=’data:blog.pageType == &quot;item&quot;’>
<!–ini adalah kondisi ketika berada pada halaman artikel–>

<meta expr:content=’data:blog.pageName + &quot; | &quot; + data:blog.title + &quot; | &quot; + data:blog.pageName’ name=’description’/>
<b:else/>
<!–ini adalah kondisi ketika berada pada halaman selain artikel–>
<meta expr:content=’data:blog.pageTitle + &quot; – Artikel ringan tentang SEO, blogging, tips dan trik, dan artikel-artikel menarik lainnya&quot;’ name=’description’/>
</b:if>


Nah dengan menambahkan pengecekan seperti di atas maka blog sobat akan terhindar dari yang namanya duplikat deskripsi sehingga memudahkan crawler untuk mengindeks blog kita dan tentunya menambah poin untuk On Page SEO blog tersebut. Semoga Bermanfaat artikel ini tentang cara mengatasi dupikat deskripsi / Cara mengatasi meta tag decription / meta decripstion / meta descripsi .

unlimited
author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "CARA MENGATASI DUPLIKAT META DESCRIPTION DAN KONTEN"