Layanan PenelusuranInfo di Ruang Internet UPT Perpustakaan UPN VETERAN Yogyakarta

unmetered
unlimited

Layanan PenelusuranInfo di Ruang Internet UPT Perpustakaan UPN VETERAN Yogyakarta
BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar belakang

Perpustakaan Perguruan Tinggi adalah perpustakaan yang di kelola oleh Perguruan Tinggi dengan tujuan membantu tercapainya tujuan perguruan tinggi.(Sulistiyo-Basuki, 1991:160). Tujuan Perguruan Tinggi tersebut yaitu Tri Darma Perguruan Tinggi, yang terdiri atas pendidikan dan pengajran, peelitian dan pengapdian kepada masyarakat. Oleh karena itu Perguruan Tinggi yang bersangkutan harus memperhatikan keberadaan perpustakaan dan berorientasi pada apa yang dibutuhkan ole sivitas akademiaka.sivitas akademika yaitu mahasiswa,dosen dan pegawai administrasi dan lainnya. (Mustafa, 1996:46).
Perkembangan teknologi menuntut peranan perpustakaan yang lebih professional lagi. Selain sebagai pusat informasi, pengguna juga menginginkan informasi yang cepat, tepat, dan akurat. Salah satu cara untuk memperoleh informasi tersebut adalah dengan memanfaatkan internet. Perpustakaan perlu memanfaatkan internet sebagai penelusuran informasi (Sumarsih, 2002 : 18). Seperti yang dilakukan UPT Perpustakaan UPN “Veteran” Yogyakarta, yang saat ini menyediakan jenis layanan penelusuran informasi di ruang internet.
Layanan di UPT Perpustakaan UPN “Veteran” Yogyakarta dibedakan menjadi tiga berdasarkan tempat atau ruang, antara lain adalah:
  1. Ruang sirkulasi
  2. Ruang baca / referensi
  3. Ruang internet
Dari  berbagai aspek diatas penulis membatasi bahasan tentang layanan penelusuran informasi yang ada di ruang internet UPT Perpustakaan UPN “Veteran” Yogyakarta.

B. Rumusan Masalah

Penulis memilih judul “LAYANAN PENELUSURAN DI UPT PERPUSTAKAAN UPN “VETERAN” YOGYAKARTA”, karena tidak semua perpustakaan perguruan tinggi menyediakan jenis layanan ini.
Berdasarkan latarbelakang yang penulis kemukakan maka rumusan masalah yang ingin dikembangkan dalam pembahasan  antara lain:
  1. Apa saja jenis layanan penelusuran informasi yang ada di ruang internet UPT Perpustakaan UPN “Veteran” Yogyakarta?
  2. Apa manfaat layanan penelusuran informasi di ruang internet UPT Perpustakaan UPN “Veteran” Yogyakarta?
  3. Apa saja kendala yang dihadapi di ruang internet UPT Perpustakaan UPN “Veteran” Yogyakarta?
  4. Bagaimana tanggapan pengguna terhadap layanan penelusuran informasi di ruang internet UPT Perpustakaan UPN “Veteran” Yogyakarta?

B.     Tujuan

Praktek Kerja Lapangan (PKL) ini wajib dilaksanakan setiap mahasiswa program studi Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam, sebagai salah satu syarat untuk menyelesaikan pendidikan program studi.
Adapun tujuan dari PKL antara lain:
  1. Mahasiswa dapat memahami aktifitas pustakawan sebagai sebuah profesi.
  2. Membantu mahasiswa menerapkan teori dalam praktek dan membandiingkan antara teori dengan praktek di lapangan.
  3. Menambah pengalaman dan wawasan dalam dunia kerja.
Tujuan penulis membahas topik mengenai layanan penelusuran informasi yang ada di Perpustakaan UPN “Veteran” Yogyakarta adalah:
  1. Menambah pengetahuan tentang jenis layanan penelusuran  informasi  di ruang internet  UPT Perpustakaan UPN “Veteran” Yogyakarta.
  2. Mengetahui manfaat dari jenis layanan penelusuran informasi di ruang internet UPT Perpustakaan UPN “Veteran” Yogyakarta.
  3. Dapat mengetahui kendala-kendala yang dihadapi di ruang internet UPT Perpustakaan UPN “Veteran” Yogyakarta.
  4. Mengetahui tanggapan pengguna mengenai layanan penelusuran informasi di ruang internet UPT Perpustakaan UPN “Veteran” Yogyakarta.

D.    Tempat dan Waktu

Praktek Kerja Lapangan bertempat di UPT Perpustakaan UPN “Veteran” Yogyakarta beralamat di jalan SWK 104 (Lingkar Utara) Condong Catur Yogyakarta 55283.
Pelaksanaan PKL di mulai tanggal 16 Februaru sampai dengan 16 Maret 2004.
Praktek Kerja lapangan di laksanakan pada hari senin sampai dengan hari jum’at. Jawal waktu praktek kerja lapangan adalah sebagai berikut:
Senin-Kamis: 08.00-14.00 WIB.
Jum’at          : 09.00-14.00 WIB.

E. Metode Pengumpulan Data

Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan metode antara lain:
    1. Metode wawancara
Metode wawancara adalah pengumpulan data yang dilakukan dengan mengungkapkan pertanyaan-pertanyaan pada para responden (Purawijaya, 1994:112).
 Dalam pelaksanaannya penyusun melakukan wawancara dengan kepala perpustakaan dan karyawan.
    1. Metode observasi
 Yaitu alat pengumpulan data yang dilakukan dengan cara mengamati dan mencatat secara sistematik gejala-gejala yang diselidiki (Narbuko, 2002:70).
Dalam pelaksanaannya penulis mengadakan pengamatan secara langsung kegiatan yang ada di perpustakaan sesuai dengan bidang yang dikaji.
    1. Metode dokumentasi
Yaitu meode pengumpulan data yang bersumber pada benda-benda tertulis seperti buku, majalah, dokumen dan sebagainya (Arikunto, 1998:144).
Dengan menggunakan metode tersebut diharapkan penulis memperoleh informasi yang berkaitan dengan bidang yang dikaji.
    1. Metode Angket
Yaitu metode pengumpulan data yang dilakukan dengan memberikan daftar pertanyaan  kepada responden atau pertanyaan yang dikirimkan kepada responden baik secara langsung atau tidak langsung (melalui pos atau perantara) (Usman dan Akbar,1996 : 60). 
Dalam pelaksanaaannya penulis membagikan kuesioner kepada pengguna yang ada di perpustakaan.

F.   Sistematika Laporan

BAB I PENDAHULUAN
Berisi latar belakang, rumusan masalah, tujuan, tempat dan waktu pelaksanaan PKL, metode pengumpulan data, dan sistematika penulisan laporan.
BAB II GAMBARAN UMUM UPT PERPUSTAKAAN UPN “VETERAN” YOGYAKARTA
Berisi sejarah singkat, lokasi, visi dan misi, kedudukan, peran dan fungsi, struktur organisasi, personalia perpustakaan, pemakai perpustakaan, sarana dan prasarana, koleksi, kegiatan pokok perpustakaan.
BAB III LANDASAN TEORI
Berisi pengantar, bentuk layanan perpustakaan, sumber-sumber informasi untuk penelusuran terpasang, manfaat layanan penelusuran, mementukan jumlah sampel.
BAB IV LAYANAN PENELUSURAN UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL “VETERAN” YOGYAKARTA
Berisi jenis-jenis layananpenelusuran informasi, manfaat dari jenis layanan yang ada di ruang internet UPT Perpustakaan UPN “Veteran” Yogyakarta, kendala yang dihadapi dan analisis data.
BAB V PENUTUP                                                               
Berisi kesimpulan yang didapat setelah melaksanakan PKL dan saran bagi UPT Perpustakaan UPN “Veteran” Yogyakarta.
BAB II
GAMBARAN UMUM UPT PERPUSTAKAN UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL “VETERAN” YOGYAKARTA

Sejarah singkat

Berdirinya Unit Pelaksana Teknis Perpustakaan Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta tidak dapat lepas dari dan latar belakang perguruan tinggi yang bersangkutan. Pada awalnya UPT perpustakaan UPN “Veteran” Yogyakarta merupakan perpustakaan Akademi Pembangunan Nasional (APN), yang berdiri pada tahun 1957 berdasarkan Undang-undang nomor 75 tahun 1957.
Selain berdasarkan UU No.75 tahun1957, Akademi Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta juga didirikan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Urusan Umum Veteran Republik Indonesia nomor 139/KPTS/1958 tanggal 8 Oktober 1958. Pada tahun 1961, setelah tiga tahun APN resmi berdiri, didirikan pula perpustakaan sebagai unsur penunjang lembaga pendidikan tinggi yang bertempat di kampus Ketandan Wetan no. 22 Yogyakarta.
Perkembangan selanjutnya APN “Veteran” berubah menjadi Perguruan Tinggi Pembangunan Nasional (PTPN) “Veteran” yang kemudian diikuti perubahan nama perpustakaannya menjadi Perpustakaan PTPN “Veteran”. Perubahan tersebut berdasarkan Keputusan Bersama Menteri Urusan Veteran dan Demobilitas juga Menteri Pendidikan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan No. 140/KPTS/1965. Dengan perubahan tersebut pada tahun 1976 perpustakaan PTPN “Veteran” Yogyakarta pindah ke kampus II Tambakbayam di jalan Brigjen Katamso Babarsari 2, Tambakbayam Yogyakarta.
Pada tahun 1971, PTPN “Veteran” Yogyakarta diarahkan menjadi Perguruan Tinggi Swasta yang berstatus disamakan. Dan akhirnya pada tahun 1977, berdasarkan Surat Keputusan Menhankam/Pangab nomor SKEP/1555/xi/1977 pada tanggal 30 november 1977 maka PTPN “Veteran” Yogyakarta berubah menjadi Universitas Pembangunan Nasional (UPN) “Veteran” Yogyakarta, sehingga perpustakaannya berubah nama menjadi Unit Pelaksana Teknis Perpustakaan UPN “Veteran”. Dan perpustakaan tersebut menempati gedung di komplek gedung UPN “Veteran” Yogyakarta, jalan Babarsari nomor 2 Yogyakarta.
Sejak bulan November 1986 sampai Juli1999, UPT Perpustakaan UPN “Veteran” menempati gedung berlantai tiga di gedung A. Yani 5 di kampus II Tambakbayam. Bulan Juli 1999 UPT Perpustakaan “Veteran” telah menempati gedung baru berlantai tiga di jalan SWK 104 (Lingkar Utara) Condong Catur Depok Sleman Yogyakarta.
Sejak berdirinya APN “Veteran” pada tahun 1961 hingga sekarang bernama UPT Perpustakaan UPN “Veteran” Yogyakarta telah mengalami dua belas periode kepemimpinan, yaitu:

Table 1

KEPEMIMPINAN UPT PERPUSTAKAAN UPN “VETERAN” YOGYAKARTA
   No.
Nama Kepala Perpustakaan UPN “Veteran” Yogyakarta
Tahun kepemimpinan
1.
Oemi S
1964-1969
2.
Adriani Moelyani
1969-1974
3.
Sadjimin, B.A
1974-1979
4.
Dra. Rahayu Ningsih
1979-1981
5.
Wahid Suarsonohadi
1981-1985
6.
R. Sri Widodo, B. Sc.
1985-1991
7.
Drs. Soepomo
1991-1994
8.
Sadjimin, B.A
Juli1994 – September 1994
9.
Kol. CZI. Sudrajad
September 1994 – Agustus 1997
10.
Ir. Siti Hamidah, M.P.
September 1997 – Agustus 1997
11.
Dra. Yuhaningsih  M.P
Agustus1997-  Februari 2000
12.
Ratna Sufiatin, S.H.,M.Si
Februari 2000 – Sekarang
         Sumber: UPT Perpustakaan UPN “veteran” Yogyakarta, 2003/2004.

Lokasi

UPT Perpustakaan UPN “Veteran” Yogyakarta berada di kampus UPN “Veteran” jalan SWK 104 (Lingkar Utara) Condong Catur Yogyakarta 55283.

Visi dan Misi Perpustakaan

Visi dari UPT Perpustakaan UPN “Veteran” adalah menjadi pusat informasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang lengkap dan modern serta mampu bersaing di era globalisasi dalam rangka menunjang pelaksanaan Tri Darma Perguruan Tinggi.
Misi dari UPT Perpustakaan UPN “Veteran” adalah:
  1. Mengembangkan jumlah koleksi secara terus menerus dan berkelanjutan sesuai dengan kebutuhan sivitas akademika.
  2. Mengembangkan jenis layanan di perpustakaan sesuai dengan perkembangan yang terjadi di era globalisasi.
  3. Mengembangkan SDM di perpustakaan secara formal maupun non-formal agar dapat meningkatkan mutu layanan pada pemakai.
  4. Memberikan layanan yang cepat, tepat dan akurat kepada semua pemakai melalui pengembangan otomasi perpustakaan.
  5. Membangun pangkalan data elektronik dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.
  6. Mengembangkan layanan informasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang unggul, tepat guna dan berhasil guna.
  7. Mengembangkan layanan informasi secara online dan terintegrasi, sehingga dapat di akses dari fakultas atau program studi yang lokasinya jauh dari UPT Perpustakaan.
  8. Menjalin kerjasama dengan perpustakaan perguruan tinggi lainnya atau institusi lain.

Kedudukan, Peran dan Fungsi

1.   Kedudukan
UPT Perpustakaan UPN “Veteran” Yogyakarta merupakan bagian dari struktur organisasi UPN “Veteran” Yogyakarta dibawah Rektor dan bertanggung jawab kepada Rektor. Pembinaan sehari-hari UPT Perpustakaan UPN “Veteran” Yogyakarta oleh pembantu Rektor I.
2.   Peran
Perpustakaan Perguruan Tinggi adalah perpustakaan yang terdapat pada perguruan tinggi dengan tujuan utama membantu perguruan tinggi mencapai tujuannya, yaitu Tri Darma Perguruan Tinggi. Berkaitan dengan hal tersebut, UPT Perpustakaan UPN “Veteran” Yogyakarta memberikan pelayanan kepada pengguna untuk keperluan pendidikan, pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dengan mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
3.   Fungsi
Keberadaan UPT Perpustakaan UPN “Veteran” Yogyakarta berfungsi antara lain:
a.   Menjadikan, mengolah dan menyajikan bahan pustaka.
b.   Memberikan layanan dan pendayagunaan bahan pustaka.
c.   Melaksanakan urusan tata usaha perpustakaan.
d.   Sebagai pusat informasi bagi masyarakat akademis di UPN  “Veteran” Yogyakarta.
e.   Sebagai pusat dokumenter UPN “Veteran” Yogyakarta.

Struktur Organisasi

Struktur organisasi UPT Perpustakaan UPN “Veteran” Yogyakarta dibedakan menjadi dua, yaitu struktur organisasi makro dan struktur organisasi mikro.
Struktur Organisasi Makro
Dalam struktur makro ini, susunan kepengurusan berada di bawah Rektor UPN “Veteran” Yogyakarta. Rektor dibantu oleh Pembantu Rektor, Ketua lembaga dan Dekan. Sedang UOT Perpustakaan UPN “Veteran” Yogyakarta kepengurusan di bawah Pembantu Rektor. Adapun struktur organisasi makro ini dapat dilihat pada lampiran nomor empat.
Struktur Organisasi Mikro
Dalam struktur mikro ini, susunan kepengurusan berada di bawah Kepala UPT Perpustakaan UPN “Veteran” Yogyakarta yang dibantu Kasubag Teknik, Kasubag TU, dan Kasubag Pelayanan dibantu oleh pustakawan maupun non-pustakawan.  Dapat dilihat pada lampiran nomor lima.
Tujuan dari struktur organisasi tersebut adalah untuk kelancaran kerja di perpustakaan. Adapun tugas dari bagian unit perpustakaan adalah sebagai berikut:
a.   Tugas Kepala Perpustakaan
1).  Merencanakan dan mengorganisasikan kegiatan perpustakaan secara menyeluruh.
2).  Memimpin kegiatan perpustakaan, membina tenaga sirkulasi, referensi serta hubungan dengan lingkungan.
3). Mengatur komunikasi, konsultasi dan kerjasama yang dinamis antar bagian perpustakaan serta antar petugas dengan pengguna.
4). Menertipkan presensi hadir petugas perpustakaan.
5).  Sebagai penghubung antar perpustakaan dengan lembaga induk.
b.   Tugas Pelayan Teknis
1). Mengkoordinasi seluruh kegiatan termasuk pengaturan shift, piket dan sebagainya.
2). Membantu kepala dalam menyiapkan daftar pemesanan buku baru.
3). Menginventaris, mengklasifikasi daan mengkatalog pustaka baru menurut sistem yang berlaku.
4). Menyusun pustaka yang sudah diolah dalam rak atau almari buku.
5).  Menjaga keamanan koleksi dari gangguan-gangguan, seperti kelembaban udara, hujan, kotoran dan lain-lain.
6). Membuat catatan anggaran perpustakaan.
7). Menjaga keasrian, kenyamanan dan ketertiban perpustakaan.
c.   Tugas Pelayan Sirkulasi
1). Melayani peminjaman dan pengembalian buku.
2). Membantu pelaksanaan pelayanan kepada pengunjung.
3). Melakukan shelving.
4). Menyelenggarakan pendaftaran dan pengadaan kartu anggota.
5). Menjawab pertanyaan pengunjung.
6). Mengurus penagihan pustaka yang terlambat dalam pengembalian.
7). Membuat statistik pengunjung, peminjam dan bahan pustaka yang dipinjam.
8). Menyusun kembali slip ke dalam rak peminjam dan pengembalian.
9). Mengontrol kerapian susunan di rak.
d.   Tugas Pelayanan Referensi
1). Mengontrol terhadap bacaan referensi.
2). Memberikan informasi umum.
3). Menyediakan informasi khusus.
4). Menyediakan buku tamu.
5). Membantu pengguna dalam mencari letak koleksi.
6). Mengkliping koran berdasarkan klasifikasi atau topik yang relevan.
7). Menjilid kliping sesuai dengan topiknya.
8). Menata kembali bacaan referensi.

Personalia Perpustakaan

UPT Perpustakaan UPN “Veteran” yogyakarta memiliki personalia yang berjumlah enam belas orang. Masing- masing memiliki tugas sesuai dengan yang telah ditentukan. Daftar personalia dapat dilihat dalam tabel di bawah berikut ini:

Tabel 2

DAFTAR PERSONALIA UPT PERPUSTAKAAN UPN “VETERAN” YOGYAKARTA TAHUN 2003/2004
No.
Nama
Pendidikan terakhir

Golongan

Jabatan
1.
Ratna Sufiatin, SH, M.Si.
S2 Perpustakaan UI
III/c
Kepala Perpustakaan
2.
Suyatno
SLTA + Kursus Perpustakaan
III/b
Kasubag Teknik
3.
Suninto Prabowo, SH, M.Si.
S2 Perpustakaan UGM
III/c
Kasubag Pelayanan
4.
Sutarti
SLTA
III/a
Kasubag TU
5.
Muji Isambina, S.Sos.
S1 Perpustakaan UNPAD
III/a
Staf
6.
Sarimin
SLTA + Kursus Perpustakaan
II/d
Ass. Pust. Pratama
7.
Basir Umaryadi
SLTA + Kursus Perpustakaan
II/d
Ass. Pust. Pratama
8.
Bambang Eko Sunaryo
SLTA + Kursus Perpustakaan
II/d
Ass. pust. Pratama
9.
Darsini, A.Md.
D3 Perpustakaan UGM
II/d
Ass. Pust. Pratama
10.
Eko Yuli Wahyunuingsih
SLTA + Kursus Perpustakaan
II/c
Ass. Pust. Pretama
11.
Sri Lestari Kristiani, ST.
SLTA + Kursus Perpustakaan
III/a
Ass. Pust. Pratama
12.
Bugel Suryanta
SLTA + Kursus Perpustakaan
II/d
Ass. Pust. Pratama
13.
Enny Suparni, A.Md.
D3 Perpustakaan UGM
II/d
Ass. Pust. Pratama
14.
Bambang Kustiono, A.Md.
D3 Perpustakaan UGM
II/c
Ass. Pust. Pratama
15.
Muhardono
SLTA + Kursus Perpustakaan
II/c
Staf
16.
Djono
SLTA
II/d
Kaur Percetakan (Diperbantukan)
Sumber : UPT Perpustakaan UPN “Veteran” Yogyakarta, 2003/2004.
Selain pendidikan Seperti yang tersebut di atas para staf Perpustakaan juga di berikan kesempatan untuk mengikuti diklat, kursus ataupun studi banding keperpustakaan-perpustakaan lain, diantaranya adalah:
1.   Mengikuti seminar perpustakaan di UNAIR, UGM, UNS dan lain sebagainya.
2.   Kunjungan atau studi banding ke Perpustakaan UNSOED, UI, IPB, UGM.
3.   Mengikuti diklat perpustakaan di UGM dan lain-lain.
4.   Kerjasama dengan UNY dan IPB untuk mengadakan penelitian yang melibatkan seluruh perpustakaan.

Pemakai Perpustakaan

                  Pemakai Perpustakaan UPN “Veteran” Yogyakarta adalah mahasiswa, dosen, karyawan, dan pengguna dari luar sivitas akademika UPN “Veteran” Yogyakarta. Bagi pengguna dari luar UPN bila ingin memanfaatkan koleksi UPT Perpustakaan UPN “Veteran” harus dengan syarat tertentu. Syarat tersebut antara lain dengan membawa surat pengantar dari universitas atau lembaganya untuk mendapatkan fasilitas kartu baca; kartu tersebut tidak boleh untuk meminjam koleksi yang ada, pengguna hanya diizinkan memfotokopi atau membacanya di tempat. Untuk pemakai dari dalam universitas diperbolehkan meminjam semua koleksi kecuali pada koleksi referensi. Untuk jumlah pengunjung UPT Perpustakaan UPN “Veteran” Yogyakarta per hari rata-rata 300 orang pengunjung.(sumber : wawancara dengan petugas perpustakaan UPT Perpustakaan UPN “Veteran” Yogyakarta, tanggal 17 Maret 2004).

Tabel 3

DAFTAR ANGGOTA PERPUSTAKAAN UPN “VETERAN” YOGYAKARTA SAMPAI DENGAN FEBRUARI 2004
No.
Anggota

Jumlah

1.
Mahasiswa
16.909
2.
Dosen
101
3.
Pegawai
65
                  Sumber : UPT Perpustakaan UPN “Veteran” Yogyakarta.

H. Sarana dan Prasarana

Sarana dan prasarana yang dimiliki perpustakaan UPN “Veteran” Yogyakarta diantaranya adalah:
1.      Ruang Sirkulasi
Pada ruang ini pengguna perpustakaan dapat melakukan peminjaman dan pengembalian buku. Untuk peminjaman dan pengembaliannya secara terotomasi dengan menggunakan softwareperpustakaan berbasis web yang merupakan pengembangan dari CDS/ISIS, dan dikenal dengan nama SIPRUS. SIPRUS adalah singkatan dari Sistem Informasi Perpustakaan UPNVY. Pemakai yang berstatus mahasiswa dan menjadi anggota perpustakaan dapat meminjam buku selama sepuluh hari, sebanyak dua eksemplar. Sedangkan pemakai yang berstatus staf pengajar dan pegawai dapat meminjam buku sebanyak 2 eksemplar selama satu bulan. Dan perpanjangan satu bulan untuk satu kali. Layanan penelusuran katalog terpasang melalui OPAC (Online Public Access Catalog), data bibliografi perpustakaan dapat di akses melalui seluruh komputer yang tersedia dan sudah terintegrasi dengan jaringan LAN (Local Area Network) di perpustakaan.
2.   Ruang Baca atau Referensi
Ruang baca atau referensi dibedakan menjadi tiga ruang layanan diantaranya adalah:
a.   Layanan koleksi referensi
Berisi koleksi yang terdiri dari handbook, encyclopedia, kamus dan buku-buku referensi lainnya. Koleksi tersebut hanya bisa di baca di tempat.
b.   Layanan buku cadangan
Berisi buku tandon atau cadangan yang hanya bisa dibaca di tempat, kecuali untuk hari jum’at bisa dipinjam. Peminjaman dapat dilakukan setelah pukul 16.00-18.30 WIB, dan harus dikembalikan pada hari senin sebelum pukul 10.00 WIB. Apabila peminjam sampai batas waktu yang ditentukan tidak mengembalikan buku yang telah di pinjamnya maka dikenakan denda Rp. 1000,00 per jam.
c.   Layanan koleksi karya ilmiah
Layanan koleksi laporan penelitian dosen, skripsi, thesis, dan disertasi dalam bentuk tercetak. Koleksi ini hanya dapat di baca di tempat.
d.   Layanan koleksi jurnal
Layanan koleksi jurnal, buletin dan majalah tercetak, hanya dapat di baca di tempat.
e.   Layanan foto kopi
Pada layanan foto kopi, pemakai dapat memanfaatkan jasa foto kopi, khusus untuk koleksi UPT Perpustakaan UPN “Veteran” Yogyakarta.
f.    Layanan penelusuran katalog terpasang melalui OPAC
Data bibliografi perpustakaan dapat di akses melalui seluruh komputer yang tersedia dan sudah terintegrasi dengan jaringan LAN di perpustakaan.
3.  Ruang Penelusuran Informasi
Ruang penelusuran informasi menyediakan fasilitas layanan yang diantaranya adalah:
a.   Jurnal ilmiah dalam bentuk CD-ROM, tersedia dalam tiga jenis yaitu:
1). Applied science dan teknologi plus (ASTP), merupakan jurnal ilmiah dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bentuk abstrak dan full image.
2). Business periodical research on disc (BPO), merupakan jurnal ilmiah bidang bisnis dan ekonomi dalam bentuk abstrak dan full image.
3). Agricola, merupakan jurnal ilmiah bidang pertanian dalam bentuk abstrak dan full image.
4). Wilsonhuman society, merupakan jurnal ilmiah bidang ilmu sosial dan humaniora dalam bentuk full teks.
b.   Disertasi dalam bentuk CD-ROM
Tersedia bentuk abstrak dan full image, meliputi bidang teknik, ekonomi dan bisnis, pertanian, dan psikologi.
c.   Kliping elektronik
Berisi artikel dari berbagai majalah dan surat kabar terpilih di Indonesia yang penelusurannya dengan komputer yang tersedia di ruang penelusuran informasi.
d.   Bursa Efek Jakarta
Biasa disebut dengan nama Data Base Indonesia Capital Market. Melalui data base pemakai dapat menelusur pergerakan saham di lantai bursa, dan data lain di Bursa Efek Jakarta.
e.   Data base PDII-LIPI
Hasil kerja sama UPT Perpustakaan UPN “Veteran” Yogyakarta dengan PDII-LIPI Jakarta. Merupakan data base yang di kemas dalam bentuk digital menggunakan media CD-ROM yang berisi seluruh koleksi PDII-LIPI Jakarta. Pemakai dapat melakukan penelusuran melalui komputer dan memesan artikel melalui petugas.
f.    Librus
Academic research for library, merupakan hasil penelitian dari para dosen UPN “Veteran” Yogyakarta yang di kemas dalam bentuk digital. Pemakai dapat menelusur melalui komputer yang tersedia di ruang penelusuran.
g.   Outlet peta BAKOSURTANAL
Merupakan hasil kerjasama UPN dengan Badan Koordinasi Survey dan Peta Nasional. Outlet ini menyediakan peta rupa bumi dari skala 1:250, 1:50.000 dan lain-lain. Outlet ini merupakan outlet yang ketiga di DIY.
Untuk daftar fasilitas dan peralatan di UPT Perpustakaan UPN “Veteran” Yogyakarta ada pada lampiran nomor 6.
I.    Koleksi
UPT Perpustakaan UPN “Veteran” Yogyakarta sampai dengan bulan Februari telah memiliki koleksi sebagai berikut:
Tabel 4
JUMLAH KOLEKSI UPT PERPUSTAKAAN UPN “VETERAN” YOGYAKARTA SAMPAI DENGAN BULAN FEBRUARI 2004
No.
Jenis Koleksi
Judul/Keping
Eksemplar/Keping
1.
Buku
17.160
42.928
2.
Karya ilmiah dosen
1.342
1.342
3.
Thesis
333
333
4.
Skripsi
131
131
5.
Disertasi
65
65
6.
Jurnal dan Majalah
98
98
7.
Surat kabar
8
8.
CD Jurnal (CD-ROM)
675
675
9.
CD buku/majalah
224
224
10.
Disket buku/majalah
114
114
Sumber : UPT Perpustakaan UPN “Veteran” Yogyakarta, 2004.
Koleksi perpustakaan UPN “Veteran” Yogyakarta dibagi sebagai berikut:
1.      Koleksi umum
Koleksi umum diletakkan di ruang sirkulasi dan di ruang baca. Koleksi umum adalah koleksi bahan pustaka yang beruap buku-buku teks dari berbagai bidang ilmu, yang di kelompokkan dalam nomor kelas 000 hingga 999, koleksi tersebut dapat dipinjamkan.
2.      Koleksi referensi
Koleksi referensi berupa bahan rujukan dan hanya dapat di baca di perpustakaan. Koleksi yang termasuk referensi antara lain adalah atlas, abstrak, handbook, direktori, ensiklopedi, indeks, kamus, laporan tahunan, proceeding, terbitan pemerintah.
3.      Koleksi terbitan berkala
Koleksi terbitan berkala yang dimiliki oleh UPT Perpustakaan UPN “Veteran” Yogyakarta adalah surat kabar, majalah, jurnal, bulletin.
4.      Koleksi cadangan
Koleksi cadangan adalah koleksi umum yang terdapat di ruang baca, yaitu koleksi buku untuk cadangan atau untuk koleksi tandon. Koleksi cadangan adalah koleksi yang merupakan kopi pertama dari jumlah eksemplar yang dimiliki perpustakaan.
5.      Koleksi khusus
Koleksi khusus ini berupa arsip Rektor yang bersifat khusus dan rahasia. Koleksi ini dikelola oleh UPT Perpustakaan UPN “Veteran” mulai tahun 1996. tidak semua orang dapat memanfaatkan koleksi tersebut, apabila ingin memanfaatkan harus mendapat izin dari Rektorat atau petugas perpustakaan yang mengelolanya.
F.   Kegiatan Perpustakaan
Kegiatan di UPT Perpustakaan UPN “Veteran “ Yogyakarta terbagi menjadi tiga bagian:
1.      Pelayanan Teknis
Kegiatan dalam pelayanan teknis adalah:
a.       Pengadaan bahan pustaka
Pengadaan bahan pustaka berasal dari pembelian dan hadiah.
b.      Pengolahan bahan pustaka
Kegiatan atau alur kerja bagian pengolahan:
1). buku baru
2). cek fisik buku
3). klasifikasi
4). inventarisasi
§  cap milik inventarisasi buku
§  pelabelan dan barcode
5). input data
6). distribusi
§  pemeliharaan dan pelestarian
§  pengiriman koleksi ke ruang sirkulasi dan ruang baca
2.      Pelayanan Pemakai
Jenis-jenis layanan pemakai di ruang UPT Perpustakaan UPN “Veteran” Yogyakarta:
1.   Ruang sirkulasi
a.       peminjaman dan pengembalian
b.      Penelusuran buku
c.       Pembuatan KTA
d.      Pembuatan surat keterangan bebas pustaka
2.   Ruang baca/referensi
a.       Koleksi buku : cadangan, referensi, hasil penelitian dosen, skripsi, thesis, disertasi, majalah, jurnal (untuk di baca di tempat).
b.      Penelusuran buku melalui komputer
c.       Foto kopi buku cadangan
d.      Peminjaman buku jum’at sore
3.   Ruang internet
a.       Penelusuran informasi melalui internet
b.      Penelusuran PDII-LIPI, berupa jurnal, teknologi tepat guna, paten
c.       Penelusuran jurnal ilmiah dan disertasi dalam bentuk CD-ROM
d.      Penelusuran BEJ
e.       Penelusuran kumpulan berita Indonesia (kliping elektronik)
f.       Penjualan produk BAKOSURTANAL berupa peta rupa bumi, peat lepas pantai, atlas, dan lain-lain.
Dalam pelayanan pemakai, sifat pelayanannya secara terbuka dan pengguna dapat menggunakan OPAC untuk mencari informasi buku yang dicarinya.          
Adapun waktu pelayan di UPT Perpustakaan  UPN “Veteran” Yogyakarta adalah:
Hari                 : Senin – Jum’at
Waktu             : Pagi  08.00 – 12.00 WIB
                                      Sore 13.00 – 19.00 WIB
Tata tertib anggota perpustakaan bagi pegawai (dosen/administrasi):
1.      Staf pengajar / administrasi dapat meminjam buku selama 1 bulan dan dapat diperpanjang selama 1 bulan.
2.      Peminjam buku tidak lebih dari 2 eksemplar.
3.      Keterlambatan pengembalian buku dikenakan denda Rp. 100,00 / buku / hari.
4.      Kartu anggota tidak diperbolehkan dipakai orang lain.
5.      Buku yang hilang / rusak harus diganti dengan buku yang sama.
Tata tertib anggota perpustakaan bagi mahasiswa:
1.      mahasiswa yang sudah memiliki kartu anggota dapat meminjam buku sebanyak 2 eksemplar.
2.      mahasiswa dapat meminjam buku selama 10 hari dan dapat diperpanjang satu kali selama 10 hari.
3.      keterlambatan pengembalian di kenakan denda Rp. 100,00 / buku / hari.
4.      kartu anggota tidak boleh dipakai orang lain.
5.      buku yang hilang/rusak harus diganti buku yang sama.
Tata tertib peminjam di Ruang buku cadangan:
1.      koleksi buku cadangan hanya dapat di pinjam pada:
Hari           : Jum’at 
Jam            : 16.00 – 18.30 WIB
Jumlah       : 2 eksemplar
2.      peminjam sudah menjadi anggota perpustakaan.
3.      peminjam meninggalkan KTM.
4.      waktu pengembalian paling lambat hari senin pukul 10.00 WIB.
5.      keterlambatan pengembalian dari waktu yang telah di tentukan dikenakan denda per buku sebesar Rp. 1.000,00 / jam.
6.      khusus penelitian / disertasi tidak dapat dipinjam, tetapi dapat di foto kopi di perpustakaan pada halaman:
§  judul, daftar isi
§  pendahuluan
§  kesimpulan, abstrak dan gambar
3.      Pelayanan Administrasi
Dalam layanan administrasi, kegiatan yang dilakukan adalah melaksanakan tugas-tugas administrasi, ketatausahaan, melaksanakan tugas-tugas keuangan dan anggaran.
BAB III
LANDASAN TEORI
Perpustakaan yang selalu mengikuti perkembangan teknologi, sudah selayaknya mengikuti perkembangan internet; internet dapat untuk mengikuti suatu perkembangan informasi yang dapat mengakses informasi dengan melalui alat canggih, dimanapun tanpa mengenal waktu  (Sumarsih, 2002 : 18).
Internet merupakan istilah yang digunakan untuk menunjukkan suatu jaringan besar yang umumnya di susun dari individual LAN data link dan dihubungkan menggunakan network interconnectian devide dan wide area network data link (Widodo, 1996 : 136).
Sejak tahun 2001, UPT Perpustakaan UPN “Veteran” Yogyakarta membuka layanan penelusuran informasi melalui internet. Layanan; pelayanan adalah perihal atau cara melayani (Kamus Besar Bahasa Indonesia, 1990 : 504), sedang yang dimaksud dengan penelusuran adalah penelaahan, penjajakan (Kamus Besar Bahasa Indonesia, 1990: 920). Layanan perpustakaan yang dapat di telusur di UPT Perpustakaan UPN “Veteran” Yogyakarta adalah layanan penelusuran informasi melalui pangkalan data yang terekam di dalam CD-ROM dan layanan penelusuran informasi menggunakan internet.
Sumber-Sumber Informasi untuk Penelusuran Terpasang
Menurut Andrianty dan Shopia dalam artikelnya yang berjudul “Kerja Sama Pengguna Dan Pustakawan Dalam Penelusuran Informasi Untuk Meningkatkan Mutu Layanan” (2001 : 36), pada awalnya informasi yang terdapat dalam pangkalan data berupa data bibliografis bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, namun kini mencakup hampir semua bidang ilmu pengetahuan termasuk bisnis dan ekonomi. Isinya pun  tidak terbatas pada data bibliografis, tetapi juga dokumen dalam bentuk artikel lengkap dan bank data yang memberikan informasi secara langsung.
            Pangkalan data terpasang menuntut kelengkapan fisiknya, menurut Andriyanti dan Shopia (2001 : 37) dapat dibedakan ke dalam dua tipe, yaitu:
1. Pangkalan data bibliografis
   Yang berisi indeks dan abstrak sejumlah literatur.
2. Pangkalan data non-bibliografis
    Yaitu pangkalan data numerik, tekstual-numerik, dan artikel lengkap.
            Menurut Andriyanti dan Shopia (2001 : 37), sesuai kandungan bidang ilmunya jasa penelusuran terpasang dibedakan menjadi dua, yaitu:
1. Jasa penelusuran multidisiplin
    Jasa penelusuran multidisiplin memasarkan berbagai bidang disiplin ilmu. Jasa tersebut  menyediakan pangkalan data dari penerbit atau produsen informasi dan dapat di akses oleh pengguna dengan sistem penelusuran yang disediakan oleh penyedia jasa. Contoh jasa penelusuran multidisiplin adalah   DIOLOG, ORBIT dan BRS.
2. Jasa penelusuran spesifik
   Jasa penelusuran spesifik menyediakan akses ke satu atau beberapa pangkalan data yang relevan dengan subyek, disiplin ilmu atau profesi tertentu. Contohnya adalah MENLARS yang spesifik untuk bidang kedokteran, serta DOW JONES yang memuat data khusus tentang perdagangan saham di New York.
Menurut Trimo, Soejono dalam bukunya yang berjudul “Pedoman Pelaksanaan Perpustakaan” (1997 : 69), bahwa jenis-jenis jasa layanan yang disediakan oleh suatu perpustakaan tergantung dari beberapa faktor, yakni:
  1. Tenaga yang tersedia di perpustakaan.
  2. Kekuatan koleksi.
  3. Fasilitas yang tersedia di perpustakaan.
  4. Faktor geografis.
  5. Inisiatif, kebijaksanaan dan know how dari kepala perpustakaan.
BAB IV
LAYANAN PENELUSURAN INFORMASI DI RUANG INTERNET UPT PERPUSTAKAAN UPN “VETERAN” YOGYAKARTA
UPT perpustakaan UPN “Veteran” Yogyakarta menyediakan beberapa jenis layanan penelusuran informasi di ruang internet. Jam buka layanan penelusuran informasi dari pukul 08.00 sampai dengan pukul 14.30. Untuk jumlah pengunjung di ruang internet pada tahun 2003 sebanyak 3.299 orang (Sumber : Data Rekapitulasi Pengunjung Ruang Internet UPT Perpustakaan UPN “Veteran” Yogyakarta, 2003). Dari data rekapitulasi jumlah pengunjung tahun 2003 tersebut, tidak dapat menunjukkan secara spesifik data pengguna yang memanfaatkan jenis  layanan penelusuran di ruang internet, karena pada daftar presensi pengunjung tidak disebutkan jenis layanan mana yang akan dipergunakan oleh pengguna.  Layanan penelusuran informasi di ruang internet berada di lantai satu UPT Perpustakaan UPN “Veteran” Yogyakarta.
I. Jenis-Jenis Layanan Penelusuran Informasi Di Ruang Internet UPT Perpustakaan UPN “Veteran” Yogyakarta
A.    Layanan Penelusuran Data Base PDII LIPI di Ruang Internet UPT Perpustakaan UPN “Veteran” Yogyakarta
1.      Pengertian
PDII LIPI adalah suatu jaringan informasi dengan sistem terpadu dalam pengolahan informasi dengan tujuan untuk menyediakan pemasukan data yang relevan untuk kepentingan masyarakat pemakai (Marini, 2001 : 35).
Data base adalah koleksi informasi data dalam machine readable yang dibuat dengan menggunakan komputer (Marini, 2001 : 35).
Sedang yang di maksud dengan data base PDII LIPI adalah pangkalan data PDII LIPI dalam CD-ROM yang berisi semua koleksi yang dimiliki oleh PDII LIPI. CD-ROM  tersebut memuat artikel majalah, jurnal, daftar buku maupun koleksi lain yang di miliki oleh PDII LIPI.
2.      Manfaat
Layanan penelusuran data base PDII LIPI di UPT Perpustakaan UPN “Veteran” Yogyakarta merupakan kerja sama antara PDII LIPI Jakarta dengan UPN “Veteran” Yogyakarta tertanggal 18 Oktober 2000.
Kerjasama ini dalam rangka menyediakan informasi bagi seluruh sivitas akademika UPN “Veteran” Yogyakarta dan dari luar yang membutuhkan informasi yang terdapat di PDII LIPI beruap artikel majalah, jurnal, daftar buku, dan koleksi riset unggulan terpadu, paten dan tesis. Yang bertujuan memberikan kemudahan bagi semua sivitas akademika untuk memperoleh informasi dengan jalan memesan melalui UPT Perpustakaan  UPN “Veteran “ Yogyakarta, sehingga tidak perlu datang langsung ke PDII LIPI Jakarta.
3.      Cara menelusur
Sebelum memesan yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah melakukan penelusuran data base PDII LIPI menggunakan komputer dengan CD-ROM yang disediakan oleh UPT Perpustakaan UPN “Veteran” Yogyakarta; untuk memperoleh judul yang diinginkan. Untuk menelusur, prosedurnya adalah sebagai berikut:
a.       Pilih search : expert search, klik OK
b.      Kotak dialog  search muncul.
c.       Ketik kata telusur dalam kotak search expretion, kemudian klik execute.
d.      Jika penelusuran menghasilkan temuan, klik display. Kotak dialog tampilan muncul.
e.       Lebarkan layar untuk melihat seluruh bagian dari cantuman atau klik stop untuk melihat cantuman dalam format lain.
f.       Tampilan layar: bagian kiri berisi cantuman deskripsi. Klik pilih deskripsi yang diinginkan. Bagian kanan berisi informasi hasil penelusuran.
Setelah menelusur dan menemukan judul yang diinginkan, pengguna kemudian memesan melalui petugas dengan mengisi blangko pemesanan yang telah disediakan, isinya terdiri dari judul, penulis, penerbit, deskripsi fisik, kode panggil, sumber, lokasi serta jumlah halaman. Blangko tersebut juga disertai dengan identitas dari pemesan, yaitu nomor mahasiswa / NIP / NPY, fakultas serta jurusan. Contoh dari blangko pemesanan dapat dilihat pada lampiran 11. Setelah pemesan mengisi blangko pemesanan, kemudian petugas akan mengirim pesanan tersebut melalui mesin fax ke PDII LIPI. Contoh surat pemesanan tersebut pada lampiran 12. Selanjutnya PDII LIPI akan mengirimkan pesanan tersebut beserta surat balasan. Contoh surat balasan pada lampiran 13.
4.      Kelebihan dan kekurangan layanan penelusuran data base PDII LIPI
a.  Kelebihan
–          Mempermudah dan mempercepat akses informasi, pemakai tidak perlu datang ke Jakarta tetapi cukup datang ke perpustakaan untuk menelusur dan memesan koleksi PDII LIPI.
–          Dalam hal pemesanan koleksi PDII LIPI, apabila pemesan berasal dari UPT Perpustakaan UPN “Veteran” Yogyakarta maka akan memperoleh prioritas untuk dilayani terlebih dahulu sehingga pengiriman lebih cepat dari pada yang memesan langsung ke PDII LIPI.
–          Kepuasan pengguna, karena pengguna dapat memperoleh informasi yang dicari dan terpenuhi kebutuhan informasinya.
b.   Kekurangan
–          Tergantung pada aliran listrik dan komputer.
–          Jangka waktu pengirimannya relatif lama antara dua minggu hingga satu bulan.
–          Biaya relatif mahal apabila dibanding dengan mencari artikel maupun buku di perpustakaan, karena harus menanggung biaya pengiriman, biaya pemesanan dan biaya foto kopi artikel yang dipesan.
B. Layanan Penelusuran Jurnal Ilmiah Dalam Bentuk CD-ROM di Ruang  Internet UPT Perpustakaan UPN “Veteran” Yogyakarta
1. Pengertian
                        CD-ROM adalah media untuk menyimpan informasi dalam jumlah yang sangat besar (+600 MB) dibandingkan dengan floppy disk (1,4 MB), yang dapat di akses dan dibaca di layar atau di cetak dari komputer maupun yang dimiliki CD-ROM player (www.deliveri.org).
      2. Manfaat
Layanan  jurnal  ilmiah dalam bentuk CD-ROM ini dilanggan dari Pro Quest. Pro Quest merupakan  perusahaan besar dalam penyediaan jurnal ilmiah. Pro Quest dimanfaatkan untuk mendapatkan informasi berupa jurnal ilmiah dalam bidang ekonomi, bisnis, keuangan, ilmu pengetahuan dan teknologi, dan pertanian oleh sivitas akademika di UPT Perpustakaan UPN “Veteran” Yogyakarta, baik secara on line maupun off lane. Layanan on line, di bedakan menjadi tiga macam bidang, diantaranya:
a.       ABI / Inform Reasech (bidang bisnis, keuangan, dan ekonomi).
Jurnal dalam bidang ini tersedia mulai tahun 1971 sampai yang terbaru, dengan jumlah judul keseluruhan sebanyak 1.468 judul.
b.      Pro Quest Agriculture Journals (bidang science dan agriculture).
      Jurnal dalam bidang ini tersedia mulai tahun 1998 sampai dengan yang terbaru, dengan judul sebanyak 154 judul.
c.       Wilson Applied Science and Technologi ( dalam bidang teknologi).
      Tersedia mulai tahun 1994 sampai dengan yang terbaru, dengan jumlah sebanyak 792 judul.
Jurnal Pro Quest on line ini alamat websitenya di www.proquest.com/pqdauto.
Layanan off line, terdiri dari beberapa subyek, antara lain:
a.   ABI / INFORM (R) Research
Tersedia dari Januari 2002 sampai April 2003, Januari 2000 sampai Desember 2001, Januari 1999 sampai Desember 1999.
b.  Applied Science-Technology Plus
Tersedia dari Januari 2000 sampai Maret 2003, Januari 1997 sampai Desember 1999.
Layanan jurnal off line ini didalamnya hanya terdapat mengenai informasi tentang subyek tertentu  yang telah disediakan, dan penelusuran lebih lanjut dengan menggunakan CD-ROM.
Contoh bentuk CD-ROM pada lampiran 14. 
3. Cara menelusur
Cara menelusur jurnal ilmiah ini terdiri dari dua cara yaitu:
a. On line
Penelusur dalam bentuk on line ini melalui alamat website: www.proquest.com/pqdauto. Dari sini pengguna akan dapat menelusur jurnal  yang diinginkan melalui berbagai cara, antara lain:
–          Basic search
–          Advance search
–          Topic guide
–          Publication search
b.   Off line
Penelusuran data jurnal off line dilakukan dengan cara sebagai berikut:
–          Melalui pro quest dengan cara klik pada tanda folder pro quest.
–          Pilih salah satu atau lebih data base untuk mencari jurnal yang diinginkan.
–          Pilih metode yang di gunakan dalam penelusuran jurnal, yaitu melalui kata, sumber atau alamat yang disediakan, atau melalui topik yang akan di cari.
–          Pilih artikel yang di inginkan dari hasil pencarian tersebut.
4.  Kelebihan dan kekurangan layanan penelusuran jurnal ilmiah dalam bentuk CD-ROM
a.       Kelebihan
      Lebih cepat menemukan informasi yang di inginkan dan lebih tepat informasinya dari pada harus mencari informasi yang berbentuk buku.
b.      Kelemahan
–          Tergantung aliran listrik dan komputer.
–          Perpustakaan harus menyediakan CD-ROM playeruntuk bisa membaca informasinya.
–          Pengguna masih banyak yang belum bisa menggunakan sarana ini.
C. Layanan Penelusuran KBI (Kumpulan Berita Indonesia) / Kliping       Elektronik di Ruang Internet UPT Perpustakaan UPN “Veteran” Yogyakarta
1. Pengertian
Kumpulan Berita Indonesia atau dapat di sebut juga kliping elektronik adalah berita-berita atau informasi dari media cetak versi on line yang di dokumentasikan dalam perangkat lunak, berita-berita yang terdapat di dalam kumpulan berita Indonesia diambil dari media massa nasional dan daerah yang telah di on line-kan. Kumpulan Berita Indonesia di UPT Perpustakaan UPN “Veteran” Yogyakarta di dapat dengan cara melanggan CD KBI (Kumpulan Berita Indonesia).
2. Manfaat
Kumpulan Berita Indonesia dimanfaatkan oleh sivitas akademika UPN “Veteran” Yogyakarta atau dari luar yang telah menjadi anggota untuk mendapatkan atau memperoleh informasi mengenai artikel-artikel dari media massa nasional maupun daerah mengenai bidang-bidang tertentu.
Adapun bidang-bidang tersebut meliputi:
a.       Ekonomi dan bisnis.
b.      Politik, hukum dan HAM.
c.       Sosial budaya dan pariwisata.
d.      Teknologi, lingkungan, pertanian dan kehutanan.
2.      Cara menelusur
Untuk menelusur Kumpulan Berita Indonesia, adalah dengan cara sebagai berikut:
a.       Melalui KBI, dengan mengklik tanda pada KBI .
b.      Pilih salah satu bidang yang ingin dicari dan pastikan bahwa telah dimasukkan CD data base dan artikelnya.
4.   Kelebihan dan kekurangan layanan penelusuran KBI / Kliping elektronik
c.       Kelebihan
–          Dapat memperoleh berita dari media massa baik nasional maupun daerah.
–          Lebih cepat menemukan informasi yang di inginkan dibandingkan dengan mencarinya di majalah atau koran.
d.      Kelemahan
–          Tergantung pada aliran listrik dan komputer.
–          Pengguna masih banyak yang belum bisa menggunakan sarana ini.
D. Layanan Penelusuran Bursa Efek Jakarta di Ruang Internet UPT  Perpustakaan UPN “veteran” Yogyakarta
1.      Pengertian
Layanan penelusuran BEJ (Bursa Efek Jakarta) bisa di sebut juga data base Indonesia Capital Market adalah layanan penelusuran dengan melalui data base untuk memperoleh informasi mengenai pergerakan saham dan data-data lain di Bursa Efek Jakarta.
2.      Manfaat
Layanan penelusuran Bursa Efek Jakarta dimanfaatkan oleh sivitas akademika UPN “Veteran” Yogyakarta atau yang berasal dari luar UPN “Veteran” yang telah menjadi anggota, untuk memperoleh informasi mengenai perdagangan saham, laporan keuangan perusahaan, dan nama-nama perusahaan yang ada di Indonesia.
3.      Cara menelusur
Untuk menelusur BEJ, dengan cara sebagai berikut:
a.       Melalui JSX (Jakartastock axchange), dengan mengklik tanda pada folder JSX.
b.      Muncul tampilan, lalu pilih nama perusahaan dan tahun yang akan dicari, kemudian klik OK untuk mendapatkan hasil pencarian tersebut.
4.      Kelebihan dan kekurangan layanan penelusuran BEJ
a.       Kelebihan
–          Mahasiswa UPN “Veteran” Yogyakarta tidak perlu ke universitas lain bila ingin mendapatkan informasi mengenai BEJ.
b.      Kelemahan
–          Tergantung pada aliran listrik dan komputer.
–          Pengguna masih banyak yang belum bisa mepergunakan sarana ini.
E. Layanan Outlet Peta BAKOSURTANAL
1.      Pengertian
Layanan outlet peta BAKOSURTANAL adalah kerjasama UPN “Veteran” Yogyakarta dengan Badan Koordinasi Survey Dan Pemetaan Nasional.
UPN “Veteran” Yogyakarta bertugas menjual peta rupa bumi dari BAKOSURTANAL, dengan surat perjanjian kerjasama tertanggal 18 Oktober 2000.
2.      Manfaat
Outlet peta BAKOSURTANAL adalah sebagai penyedia informasi berupa peta rupa bumi, peta lepas pantai Indonesia, atlas, dari skala 1 : 250, 1 : 50.000, 1: 1.000.000 dan lain-lain. Tarif data produk BAKOSURTANAL terdapat pada lampiran 15.
3.      Cara memperoleh produk BAKOSURTANAL
Cara memperoleh produk BAKOSURTANAL adalah dengan datang langsung ke UPT Perpustakaan UPN “Veteran” Yogyakarta di ruang internet. Pengguna yang ingin memperoleh produk tersebut caranya memesan kepada petugas yang ada di ruang internet, dan petugas yang akan mengambilkan produk yang diinginkan.
4.      Kelebihan layanan outlet BAKOSURTAANAL
Kelebihan dari outlet BAKOSURTANAL yang ada di UPT Perpustakaan UPN “Veteran” Yogyakarta adalah:
–  pengguna tidak perlu datang ke BAKOSURTANAL untuk mendapatkan produk dari BAKOSURTANAL karena bila menginginkan produk tersebut cukup datang ke UPT Perpustakaan UPN “Veteran”  Yogyakarta.
F. Layanan Penelusuran Internet di Ruang Internet UPT Perpustakaan UPN “Veteran” Yogyakarta
1.      Pengertian
Internet merupakan istilah yang digunakan untuk menunjukkan suatu jaringan besar yang umumnya di susun dari individual data link dan dihubungkan menggunakan network interconnecion devide dan wide areanetwork data link (Widodo, 1996 : 136).
2.      Manfaat
Layanan internet yang ada di UPT Perpustakaan UPN “Veteran “ Yogyakarta dimanfaatkan oleh sivitas akademika UPN atau anggota dari luar yang ingin mencari informasi melalui koneksi internet.
Dengan adanya fasilitas ini diharapkan informasi yang tidak tersedia di Perpustakaan dapat di temukan di world wide web.
3.      Cara menelusur
Cara menelusur internet yaitu dengan cara:
a.       Mengklikinternet explorer, kemudian;
b.      Ketik alamat yang akan diterlusur.
4.      Kelebihan dan Kekurangan layanan penelusuran melalui internet
a.       Kelebihan
–          Menyediakan informasi yang lengkap, yang mungkin informasi tersebut tidak tersedia dalam koleksi perpustakaan.
b.   Kekurangan
–          Tergantung pada aliran listrik.
–          Jumlah komputer kurang.
G. Layanan Penelusuran Disertasi Dalam Bentuk CD-ROM di Ruang Internet UPT Perpustakaan UPN “Veteran” Yogyakarta
1.      Pengertian
Layanan penelusuran disertasi dalam bentuk CD-ROM, merupakan layanan penelusuran mengenai karangan  ilmiah yang ditulis untuk memperoleh gelar doktor. Tersedia dalam bentuk abstrak dan full image, yang meliputi bidang teknik, ekonomi dan bisnis, pertanian dan psikologi. Disertasi dalam bentuk CD-ROM yang ada di UPT Perpustakaan UPN “Veteran” Yogyakarta sudah diinstalkan dalam komputer (Sumber :  wawancara dengan Staf Perpustakaan pada tanggal 13 April 2004).
      2.   Cara menelusur
Cara menelusurnya adalah dengan:
a.       klik pada tanda disertasi.
b.      Muncul tampilan, kemudian isikan subyek yang ingin dicari. Klik enter.
c.       Pilih  judul yang diinginkan kemudian di display.
2.      Kelebihan dan kekurangan
           a.   Kelebihan
–          Lebih cepat menemukan informasi yang akan dicari dibandingkan dengan mencarinya langsung dalam bentuk buku di ruang referensi.
            b.   Kekurangan
–          Tergantung pada aliran listrik dan komputer.
–          Pengguna belum sepenuhnya memanfaatkan layanan ini karena mereka tidak tahu tentang adanya jenis layanan ini.
H. Layanan Penelusuran LIBRUS di Ruang Internet UPT Perpustakaan UPN “Veteran”  Yogyakarta
LIBRUS (Academic Researce For Library) merupakan laporan hasil penelitian dosen UPN “Veteran” Yogyakarta yang di kemas dalam bentuk digital. Pemakai dapat menelusur melalui komputer yang tersedia di ruang internet UPT Perpustakaan UPN “Veteran” Yogyakarta. Namun untuk saat ini layanan penelusuran untuk LIBRUS belum bisa di gunakan karena masih dalam proses penyelesaian (Sumber : wawancara dengan staf UPT perpustakaan UPN ‘Veteran” yogyakarta pada tanggal 13 April 2004).
II. Kendala-Kendala Yang Dihadapi Di Ruang Internet UPT Perpustakaan UPN “Veteran” Yogyakarta
1.  Kurangnya jumlah komputer yang disediakan untuk menelusur informasi.
2. Tergantung pada aliran listrik dari PLN, sehingga bila listrik padam komputer  tidak dapat di gunakan untuk menelusur informasi.
3. Tidak adanya mesin fax, padahal mesin fax sangat diperlukan   untuk mengirim pesanan ke PDII LIPI.
4. Untuk layanan penelusuran BEJ data hanya sampai dengan bulan September 2002.
5. Untuk pengiriman pesanan dari PDII LIPI, jangka waktunya relatif lama, yaitu antara dua minggu hingga satu bulan.
6. Sebagian pengguna masih belum bisa memanfaatkan jenis layanan penelusuran informasi yang di sediakan.
III. Analisis Tanggapan Pengguna.
Penulis menyebarkan kuesioner yang diisi oleh pengunjung perpustakaan, dengan jumlah sebanyak lima puluh lembar. Dengan maksud untuk mengetahui jenis layanan penelusuran informasi apa yang sering dipergunakan pengunjung, meskipun sebenarnya jumlah tersebut belum memenuhi 5% sampai 10% jumlah pengguna perpustakaan. Kuesioner yang kembali sebanyak empat puluh sembilan lembar. Dari kuesioner tersebut dapat diambil data sebagai berikut:
Tabel 5
Menurut anda bagaimana pelayanan secara umum di UPT Perpustakaan UPN “Veteran” Yogyakarta
Pilihan jawaban
Jumlah jawaban responden
Prosentase
Sangat memuaskan
7
14,29%
Cukup memuaskan
38
77,55%
Kurang memuaskan
4
8,16%
                     Sumber : Hasil jawaban kuesioner, 2004.          
              Dari hasil jawaban yang diperoleh, menurut pengguna pelayanan secara umum yang di berikan oleh UPT Perpustakaan UPN “Veteran” Yogyakarta adalah sebanyak 38 responden atau 77,55% menjawab cukup memuaskan, di urutan kedua sangat memuaskan sebanyak 7 responden atau sebanyak 14,29%, di urutan ketiga jawaban kurang memuaskan sebanyak 4 responden atau 8,16%.
 Jadi layanan di UPT Perpustakaan UPN “Veteran” Yogyakarta cukup memuaskan, yaitu dengan perolehan jawaban sebanyak 77,55%.
Tabel 6
Seberapa sering anda mempergunakan fasilitas layanan yang ada di ruang internet UPT Perpustakaan UPN “Veteran” Yogyakarta
Pilihan jawaban
Jumlah jawaban responden
Prosentase
Tidak pernah
1
2,04%
Setiap hari
2
4,08%
Satu minggu sekali
7
14,29%
Bila ada tugas
30
61,22%
Tidak pasti
9
18,37%
        Sumber : Hasil jawaban kuesioner, 2004.
Dari jawaban yang diperoleh, urutan pertama sebanyak 30 responden atau 61% pengguna menjawab bila ada tugas, urutan kedua sebanyak 9 responden atau 18,37% menjawab tidak pasti, urutan ketiga sebanyak 7 responden atau 14,29% menjawab satu minggu sekali, diurutkan keempat sebanyak 2 responden atau 4,08% menjawab setiap hari dan yang terakhir sebanyak 1 responden atau 2.04% menjawab tidak pernah.
Jadi pengguna biasanya memanfaatkan layanan penelusuran informasi bila ada tugas, yaitu dengan perolehan jawaban sebanyak 61,22%.
Tabel 7
Bagaimana pelayanan di ruang internet
Pilihan jawaban
Jumlah jawaban responden
Prosentase
Sangat memuaskan
4
8,16%
Cukup memuaskan
41
85,68%
Kurang memuaskan
3
6,12%
Tidak menjawab
1
2,08%
        Sumber : Hasil jawaban kuesioner, 2004.
Dari jawaban yang di peroleh urutan pertama sebanyak 41 responden atau 85,68% menjawab cukup memuaskan, urutan ke dua sebanyak 4 responden aatu sebanyak 8,16% menjawab sangat memuaskan, urutan ketiga sebanyak 3 responden atau 6,12% menjawab kurang memuaskan dan 1 responden atau 2.08% tidak menjawab.
Jadi menurut pengguna bahwa pelayanan di ruang internet UPT Perpustakaan UPN “Veteran” Yogyakarta cukup memuaskan, yaitu dengan perolehan jawaban sebanyak 85,68%.
Tabel 8
Fasilitas layanan apa yang biasanya anda gunakan di ruang internet UPT Perpustakaan UPN “Veteran” Yogyakarta
Pilihan jawaban
Jumlah jawaban responden
Prosentase
Internet
23
46,95%
BEJ
8
16,33%
Pro Quest
4
8,16%
PDII LIPI
3
6,12%
KBI
6
12,24%
BAKOSURTANAL
3
6.12%
Disertasi dalam bentuk CD
0%
LIBRUS
0%
Tidak menjawab
2
4.08%
        Sumber : Hasil jawaban kuesioner, 2004.
Dari jawaban yang di peroleh, urutan pertama sebanyak 23 responden atau 46,95% menjawab internet, urutan kedua sebanyak 8 responden atau 16,33% menjawab BEJ, urutan ketiga sebanyak 6 responden atau 12,24% menjawab KBI, urutan keempat sebanyak 4 responden atau 8,16% menjawab Pro Quest, di urutan kelima sebanyak 3 responden atau 6,12% menjawab PDII LIPI dan BAKOSURTANAL, urutan enam tidak menjawab sebanyak 2 responden atau 4,08% dan di urutan terakhir sebanyak 0% menjawab LIBRUS dan disertasi dalam bentuk CD.
Jadi jenis layanan penelusuran informasi yang biasanya di pergunakan adalah internet, yaitu dengan perolehan jawaban sebanyak 46,95%.
Tabel 9
Apabila anda mengalami kesulitan dalam penelusuran, apa yang anda lakukan
Pilihan jawaban
Jumlah jawaban responden
Prosentase
Bertanya ke petugas
47
97,96%
Tidak jadi menelusur
2
4,08%
Diam menunggu bantuan dari petugas
0%
        Sumber : Hasil jawaban kuesioner ,2004.
Dari hasil jawaban yang di peroleh urutan pertama sebanyak 49 responden atau 97,96% bertanya ke petugas, urutan kedua sebanyak 2 responden atau 4.08% menjawab tidak jadi menelusur, urutan terakhir sebanyak 0% diam menunggu bantuan dari petugas.
Jadi apabila pengguna mengalami kesulitan dalam penelusuran informasi maka akan bertanya ke petugas, yaitu dengan perolehan jawaban sebanyak 97,96%.
Tabel 10
Apakah petugas membantu anda apabila anda mengalami kesulitan
Pilihan jawaban
Jumlah jawaban responden
Prosentase
Ya
48
97,96%
Tidak
1
2,04%
        Sumber : Hasil jawaban kuesioner, 2004.
Dari jawaban yang di peroleh sebanyak 48 responden atau 97,96% menjawab ya dan 1 responden atau 2.04% menjawab tidak.
Berarti bahwa petugas akan membantu pengguna apabila mereka mengalami kesulitan, yaitu dengan perolehan jawaban sebanyak 97,96%.
Tabel 11
Menurut anda apakah di ruang internet beserta perangkat komputernya sudah memadai
Pilihan jawaban
Jumlah jawaban
Prosentase
Sangat memadai
2
4,08%
Cukup memadai
41
83,67%
Kurang memadai
6
12,25%
 Sumber : Hasil jawaban kuesioner, 2004.
Dari jawaban di urutan pertama sebanyak 41 responden atau 83,25% menjawab cukup memadai, di urutan kedua sebanyak 6 responden atau 12,25% menjawab kurang memadai  dan urutan terakhir sebanyak 2 responden atau 4,08% menjawab sangat memadai.
Berarti bahwa menurut pengguna ruang internet beserta perangkat komputernya sudah cukup memadai, yaitu dengan perolehan jawaban sebanyak 83,67%.
Tabel 12
Menurut anda apakah perlu penambahan unit komputer pada ruang internet:
Pilihan jawaban
Jumlah jawaban responden
Prosentase
Ya
48
97,96%
Tidak
1
2,04%
        Sumber : Hasil jawaban kuesioner, 2004.
Dari perolehan jawaban sebanyak 48 responden atau 97,96% menjawab ya dan sebanyak 1 atau 2,04 responden menjawab tidak.
Berarti bahwa  di ruang internet perlu adanya penambahan jumlah komputer, yaitu dengan jawaban sebanyak 97,96% menjawab perlu adanya penambahan unit komputer.
Tabel 13
Apakah jenis layanan yang disediakan di ruang internet bermanfaat bagi anda
Pilihan jawaban
Jumlah jawaban responden
Prosentase
Sangat bermanfaat
24
48,98%
Cukup bermanfaat
24
48,98%
Kurang bermanfaat
1
2.04%
        Sumber : Hasil jawaban kuesioner, 2004.
Dari hasil jawaban responden sebanyak  24 responden atau 48,98% menjawab sangat bermanfaat dan cukup bermanfaat. Dan 1 responden atau 2,04 menjawab kurang bermanfaat.
Berarti menurut pengguna jenis layanan yang di sediakan di ruang internet sebagian merasa sangat bermanfaat dan sebagian lagi merasa cukup bermanfaat, yaitu dengan keduanya memperoleh jawaban sebanyak 48,98%.
Tabel 14
Bagaimana dengan tarif yang di kenakan di ruang internet
Pilihan jawaban
Jumlah jawaban responden
Prosentase
Sangat murah
4
8,16%
Murah
33
67,35%
Mahal
11
22,45%
Tidak menjawab
1
2,04%
        Sumber : Hasil jawaban kuesioner, 2004.
Dari hasil jawaban responden pada urutan pertama sebanyak 33 orang atau 67,35% menjawab murah, urutan kedua sebanyak 11 responden atau 22,35%  menjawab mahal , urutan ketiga sebanyak 4 responden atau 8,16%, dan urutan keempat  tidak menjawab sebanyak 1 responden atau 2,04%.
Jadi menurut pengguna tarif yang dikenakan untuk menelusur informasi di ruang internet adalah murah, yaitu dengan perolehan jawaban murah sebanyak 67,35%.
Tabel 15
Menurut anda bagaimana promosi UPT Perpustakaan UPN “Veteran” Yogyakarta mengenai jenis layanan di ruang internet

Pilihan jawaban
Jumlah jawaban responden
Prosentase
Sangat bagus
2
4,08%
Cukup bagus
38
77,55%
Kurang bagus
9
18,37%
        Sumber : Hasil jawaban kuesioner, 2004.
Dari jawaban responden urutan pertama sebanyak 38 orang atau 77,55% menjawab cukup bagus, urutan kedua sebanyak 9 responden atau 18% menjawab kurang bagus, dan urutan ketiga dengan jawaban sangat bagus sebanyak 2 responden atau 4,08%.
Jadi menurut pengguna promosi yang di lakukan oleh UPT Perpustakaan UPN “Veteran” Yogyakarta sudah cukup bagus, yaitu dengan perolehan jawaban sebanyak 77,55%.
Dari jawaban responden tersebut di atas maka dapat diperoleh data spesifik yang menunjukkan tentang layanan penelusuran informasi di ruang internet UPT Perpustakaan UPN “Veteran” Yogyakarta. Dari tanggapan pengguna  melalui pengisian kuesioner dapat disimpulkan sebagai berikut:
Pada dasarnya pelayanan di UPT Perpustakaan UPN “Veteran” Yogyakarta bagi pengguna sudah cukup memuaskan. Untuk pelayanan penelusuran informasi di ruang internet sudah cukup memuaskan. Pengguna biasanya menggunakan fasilitas layanan yang ada di ruang internet UPT Perpustakaan UPN “Veteran” Yogyakarta bila ada tugas yang penyelesaiannya harus menelusur di ruang internet. Pengguna yang datang ke ruang internet UPT Perpustakaan UPN “Veteran” Yogyakarta paling banyak menggunakan jenis layanan penelusuran informasi dengan internet. Pengguna akan bertanya kepada petugas bila mengalami kesulitan dalam penelusuran informasi. Dan petugas akan membantu pengguna apabila pengguna mengalami kesulitan. Pada  ruang internet fasilitas yang disediakan sudah cukup memadai, namun masih perlu ada penambahan unit komputer pada ruang internet. Fasilitas yang di sediakan di ruang internet sangat bermanfaat bagi pengguna dan sebagian lagi merasa sudah cukup bermanfaat. Tarif  yang dikenakan untuk menelusur informasi cukup murah. Promosi  tentang layanan penelusuran informasi di ruang internet sudah cukup bagus.
BAB V
PENUTUP

Kesimpulan

1.   Jenis layanan penelusuran informasi yang ada di ruang internet UPT Perpustakaan    UPN “Veteran” Yogyakarta diantaranya adalah:
a.  Layanan penelusuran data base PDII LIPI.
b.  Layanan penelusuran jurnal ilmiah dalam bentuk CD-ROM.
c. Layanan penelusuran KBI (Kumpulan Berita Indonesia) / kliping      elektronok.
d.  Layanan penelusuran BEJ (Bursa Efek Jakarta).
e.  Layanan outlet peta BAKOSURTANAL.
f.  Layanan peenlusuran internet.
g.  Layanan penelusuran disertasi dalam bentuk CD-ROM.
h.  Layanan penelusuran LIBRUS.
  1. Manfaat dari jenis layanan penelusuran informasi yang ada di ruang internet adalah memudahkan pengguna UPT Perpustakaan UPN “Veteran” Yogyakarta dalam memperoleh informasi yang dibutuhkan.

Saran

Perlu adanya tambahan unit komputer.
   Perlu disediakannya mesin pembangkit listrik lain, misal disel pembangkit listrik sebagai sarana cadangan apa bila listrik dari PLN padam.
   Perlu adanya mesin fax, sebagai sarana pengiriman pesanan ke PDII LIPI.
   Perpustakaan hendaknya selalu menyediakan data yang terkini mengenai BEJ, dengan cara melanggan langsung ke BEJ.
   Untuk pengiriman pesanan dari PDII LIPI ke UPT Perpustakaan UN “Veteran” Yogyakarta agar jangka waktunya relatif pendek hendaknya dengan dikirim melalui fax.
   Perlu adanya pendidikan pemakai untuk pemanfaatan di ruang intrnet bagi pengguna, agar pengguna dapat memanfaatkan jenis-jenis layanan di ruang  internet dengan maksimal.
unlimited
author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Layanan PenelusuranInfo di Ruang Internet UPT Perpustakaan UPN VETERAN Yogyakarta"