Mengapa SEO Penting untuk Web dan Bisnis Online?

Tidak ada komentar 57 views
unmetered
unlimited
SEO Marketing
Perkembangan Internet semakin berkembang dan sangat pesat. Salah satunya adalah untuk menjalankan bisnis melalui jalur online. Bisnis dalam skala kecil maupun besar berlomba-lomba menunjukkan eksistensi melalui web dan jumlahnya semakin bertambah besar. Persaingan bisnis di internet kemudian menjadi sangat alot dan panas. Kehadiran search engine kemudian dianggap menjadi salah satu solusi agar website dan bisnis dapat ditemukan dengan mudah. Sampai di sini, persaingan belum berhenti, karena listing web di search engine (SERP) menjadi arena hebat untuk perjuangan meraih kemenangan di halaman pertama hasil pencarian melalui SEO.
Ada puluhan ribu, ratusan ribu, jutaan, bahkan puluhan juta listing dalam sekali tampilan halaman setelah pengunjung mengetikkan keyword tertentu. Tentunya, pengunjung akan sangat jarang menengok ke halaman-halaman belakang dan cenderung memprioritaskan apa yang pertama kali dia lihat di halaman pertama hasil pencariannya. Inilah yang kemudian memicu persaingan untuk mendapatkan peringkat di halaman pertama search engine. Karena kemenangan peringkat tersebut berarti kemungkinan traffic yang berlimpah serta konversi bisnis yang potensial.
Bagi bisnis skala besar, menggunakan layanan PPC (Paid Per Click) bisa menjadi alternatif untuk mendatangkan traffic dengan jumlah masif, namun bagi bisnis kecil, mengeluarkan modal besar untuk PPC tentunya menjadi pemikiran berat karena harus memikirkan perbandingan antara ROI (return on investment) dengan biaya marketing yang harus dikeluarkan. Oleh karena itu, kemudian ditempuh cara lain yaitu dengan mengoptimalkan struktur, visibilitas, dan otoritas web di mata search engine agar dapat “dipercaya” dan ditampilkan di halaman utama hasil pencarian. Inilah yang kemudian disebut sebagai SEO.
Search engine optimization (SEO) adalah upaya untuk meraih peringkat utama di hasil pencarian search engine (berbicara mengenai search engine, bisa diartikan sebagai Google, karena yang merajai search engine saat ini adalah Google). Apa yang dioptimalkan? Website dan visibilitasnya di dunia internet. Meski SEO merujuk pada frase search engine optimization, namun sebenarnya yang disesuaikan dan dioptimalkan adalah websitenya, agar isi dan struktur web sesuai dengan kemampuan dan setting algoritma search engine.
Hal di atas adalah poin latar belakang SEO dan pentingnya SEO bagi web/blog dan bisnis online. Jika di-breakdown secara detil ada banyak hal yang akan mendapat pengaruh baik dari website yang memiliki SEO bagus. Mari kita lihat:
  • Ranking dan Traffic. Satu efek praktis dan pragmatis dari website yang memiliki SEO yang baik adalah peringkat (ranking) di search engine. Peringkat yang baik berarti kemungkinan traffic yang datang dari search engine sangat besar.
  • Brand awareness meningkat. SEO dapat membantu meningkatkan kemampuan pelanggan potensial untuk mengingat suatu perusahaan, produk atau web dalam kategori tertentu (brand awareness). Meskipun pada awalnya ini tidak begitu berefek pada tingkat penjualan, namun brand awareness dapat menjadi tolok ukur eksistensi perusahaan, produk, atau web anda di mata publik. Web, perusahaan, dan produk/layanan anda ada untuk mereka dan dapat dikenal dengan baik. Pada perjalanan panjangnya, anda akan menemukan selling point yang tepat guna meningkatkan jumlah penjualan dan daya jual produk atau jasa yang ditawarkan.
  • Visibilitas dan Otoritas. SEO memungkinkan web anda memiliki visibilitas dan otoritas di search engine serta dunia internet dalam jangka yang relatif panjang, tentunya apabila didukung oleh praktek SEO yang baik dan sehat (whitehat) karena cara-cara SEO yang buruk seperti spamming, keyword stuffing, cloaking, membuat doorway pages, dan praktek-praktek blackhat SEO lainnya justru akan melukai website anda. Efek SEO curang hanya dalam jangka pendek dan kemungkinan untuk mendapat penalti sangat besar. Demikian pula dengan brand, usaha brand building yang sedang dilakukan bisa rusak jika situs telah dicap sebagai spammer. Dengan cara ini, anda bisa menghindari atau mengurangi biaya iklan, misalnya untuk PPC-nya Google Adwords, karena PPC tidak bertahan lama. Jika budget anda habis atau tidak ditambah, maka traffic web dari iklan berhenti seketika.
  • Revenue atau ROI tinggi. Seperti yang telah disampaikan pada poin sebelumnya, kampanye SEO yang dilakukan dengan baik dan efisien akan memberikan ROI atau hasil investasi yang jauh lebih besar dibanding kampanye-kampanye marketing/advertising lainnya. Hal ini sangat jelas karena usaha SEO hampir tidak membutuhkan biaya apapun kecuali jika anda menggunakan jasa ahli SEO, yang tentu biayanya juga tidak sebesar kampanye marketing lainnya. Menggunakan jasa SEO sah-sah saja dan justru sangat penting jika anda tidak ada waktu atau kurang menguasai SEO. Cuma saja, ada satu hal yang perlu diperhatikan: pastikan jasa SEO yang anda gunakan mengerti betul tentang SEO dan tidak melakukan praktek blackhat karena dapat merugikan web dan bisnis anda ke depannya. 

 

Sekarang dapat dilihat bahwa SEO bukanlah sekedar wacana dan bahan ngerumpi harian para webmaster. SEO adalah hal vital dan penting dalam dunia bisnis online dan mampu memberikan pengaruh signifikan pada usaha pengembangan bisnis.
unlimited
author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Mengapa SEO Penting untuk Web dan Bisnis Online?"