Metode SEO yang telah Usang

Tidak ada komentar 37 views
unmetered
unlimited

Metode SEO yang telah Usang, Teknik SEO yang telah Usang Bagi banyak web master, untuk meningkatkan peringkat website di Google jauh lebih mudah 3-4 tahun yang lalu. Ada banyak trik atau teknik SEO yang biasa digunakan agar website atau halaman website berada di halaman pertama mesin pencari Google dengan cepat. Trik atau teknik SEO ini bekerja sangat hebat sampai-sampai Google mengubah aturan dalam algoritma pencarian, dimulai dengan algoritma Google Panda bulan Februari 2011, dan diikuti oleh algoritma Google Penguin pada bulan April 2012. Jadi, menurut anda apa yang menjadi dasar SEO yang digunakan sekarang, baik pasca-Panda dan pasca-Penguin? Postingan ini akan mencakup beberapa metode lama SEO yang populer pada jamannya, serta apa yang perlu anda ketahui untuk sukses dengan SEO yang bisa anda terapkan hari ini.

Metode SEO 2013


Beberapa Trik SEO Jadul: 

A. Paid Blog Network

Ingatkah 2-3 tahun sebelumnya metode ini sempat booming, dengan trik SEO ini banyak blogger yang mendapatkan keuntungan dari jaringan blog berbayar (paid blog network), karena para pencari backlink rela menggunakan metode SEO ini dengan membayar harga agar link website mereka tertanam di website blogger yang populer atau berpage rank tinggi, dengan harapan agar website mereka naik di mesin pencari Google. Namun seiring dengan perubahan-perubahan algoritma pada mesin pencari Google, akhirnya mengambil tindakan untuk membunuh efektivitas atau mencegah manipulasi peringkat backlink di mesin pencari dengan metode ini. Pada bulan Maret 2012, Google mengambil tindakan terhadap jaringan blog berbayar, dengan dihapusnya beberapa jaringan utama dari indeks pencarian Google. Pada saat itu, backlink pada jaringan blog berbayar tiba-tiba menjadi tidak berarti dan sebagai hasil dari algoritma baru ini, beberapa website kehilangan ribuan backlink dalam semalam dan membuat jatuh peringkat website mereka di mesin pencari Google.

B. Link Spam

Link Spam, juga dikenal sebagai spamdexing, adalah upaya yang disengaja untuk mempengaruhi mesin pencari dengan menggunakan link-link yang mengarah ke website anda. Ada beberapa metode yang berbeda yang digunakan, namun semua dari mereka cenderung menggunakan teknik black hat SEO. Beberapa contoh di antaranya adalah:

– Spin content adalah metode biasanya digunakan untuk membuat backlink dengan mengambil konten atau artikel yang unik dan mengubah kata-kata tertentu, kalimat, dan bahkan paragraf, untuk membuat artikel versi baru. Dengan menulis ulang konten yang ada dan mengganti elemen didalamnya, sehingga spin artikel atau konten menjadi sesuatu hal yang baru dan unik. Umumnya teknik ini menggunakan kombinasi teknik AGC (Auto Blog Content) sehingga secara otomatis konten yang di hasilkan di publish secara rutin.
Metode ini digunakan secara luas oleh para black-hat SEO selama bertahun-tahun. Sayangnya, banyak pengguna spin konten yang tidak memperhatikan tata bahasa yang baik sehingga konten yang dibuat menggunakan metode ini memiliki tata bahasa yang tidak teratur dan dalam kebanyakan kasus banyak artikel yang tidak bisa dimengerti. Sejak itu Google menyadari hal ini menjadi masalah yang serius dalam memanipulasi peringkat di mesin pencari mereka, yang pada akhirnya algoritma Google baru memasukkan tata bahasa sebagai parameter di mesin pencari mereka.

– Link Wheel merupakan salah satu teknik SEO yang menggunakan link berputar ke arah website yang dituju dengan harapan dapat memanipulasi popularitas website tersebut di mesin pencari. Pengguna teknik SEO link wheel biasanya menggunakan campuran link baik dari dalam ataupun luar, yang tujuannya mengarahkan link mereka pada satu halaman saja. Google semakin mahir setiap hari mengenali skema link wheel ini dan memasukan parameter tersebut ke dalam algoritma baru mereka.

– Automatic Blog Commenting adalah teknik favorit black hat SEO karena pada dasarnya teknik ini membuat malas webmaster dalam berkomentar dan dengan sengaja memasukkan link dalam komentar yang mengarahkan ke website yang di tuju. Beberapa tools atau software muncul di pasar untuk membantu webmaster mendapatkan secara cepat link dalam jumlah besar, namun link yang dihasilkan berkualitas rendah. Masalahnya adalah komentar ini adalah komentar yang tidak berbobot dan biasanya tidak memberikan manfaat bagi pembicaraan bahkan komentar yang di hasilkan tidak menyambung dengan pembicaraan. Google mulai ketat pada kualitas link ini, dan memang pada kenyataannya Google telah menurunkan peringkat situs yang memiliki banyak komentar sampah. Atas dasar ini banyak penganut blog do follow memberlakukan moderasi pada komentar-komentar yang masuk.

Fakta Algoritma Google Panda :

Google Panda pertama kali diperkenalkan pada bulan Februari 2011. Tujuannya adalah untuk menghilangkan website yang berkualitas rendah dan website dengan konten buruk atau konten duplikat dari indeks pencarian Google. Google Panda telah mempengaruhi sekitar 12% dari hasil mesin pencari.
Google Panda dirancang untuk memerangi masalah pelanggaran hak cipta dan mengurangi website yang mendapatkan peringkat tinggi tanpa konten asli. Algoritma Google Panda telah menerima banyak pembaruan sejak awalnya diluncurkan dan Google terus menyempurnakan algoritma tersebut.

Fakta Algoritma Google Penguin :

Google Penguin dirilis pada tanggal 24 April 2012. Sementara Google Panda dirancang untuk menghapus website yang memiliki konten buruk atau duplikat dari indeks pencarian, sedangkan Google Penguin menargetkan website yang telah mencapai peringkat di mesin pencari yang menggunakan teknik manipulasi link. Google telah mengatakan bahwa algoritma google Penguin mempengaruhi 3,1% dari website dalam bahasa Inggris dan sekitar 3% dalam bahasa lain. Penguin 1.1 diperkenalkan pada 25 Mei 2012, Penguin 3, diperkenalkan pada tanggal 5 Oktober 2012.
Sepertinya Google terus menyempurnakan algoritma mesin pencari mereka, dan jelas sangat diragukan lagi bahwa teknik SEO lama dapat digunakan kembali untuk menaikkan peringkat di mesin pencari. Bagaimana dengan anda apakah masih menggunakan teknik SEO jadul?

Note :
Sekarang Google Panda dan Penguin telah dirilis, peringkat mesin pencari Google tidak akan pernah sama dari waktu ke waktu. Teknik SEO lama tidak akan dapat diandalkan lagi di masa depan. Namun beberapa metode masih dapat bekerja, tapi perlu kita sadari bahwa Google juga terus memperbarui algoritma mesin pencari mereka.

Tips :

Ada beberapa tips yang bisa anda gunakan dalam membangun link yang berkualitas tanpa anda perlu khawatir dengan algoritma google panda dan penguin :

a. Guest Posting 

Guest posting dapat digunakan untuk mendapatkan traffik dan link yang berkualitas dari website yang populer dan yang menyediakan fitur guest posting. Kesulitan dengan metode ini adalah anda harus berpikir keras dalam membuat konten yang berkualitas dan bermanfaat bagi pembaca loyal website tersebut. Namun berkali-kali anda menggunakan metode ini, bisa menaikkan popularitas anda secara personal dan tentunya meningkatkan traffik dan popularitas website anda.

b. Social Media

Social Media bisa juga menjadi sarana meningkatkan popularitas website kita dengan cara menggunakan popularitas dari sosial media tersebut. Kesulitannya di awal adalah membangun jaringan dan kepercayaan antar pengguna jaringan di sosial media tersebut dan ide-ide kreatif yang dapat menarik jumlah pengguna sosial media lain ke akun sosial media anda. Namun sekali anda sudah membangun jaringan di sosial media, akan menimbulkan dampak yang luar biasa pada traffik dan popularitas website anda.

c. Original Content

Jadilah diri anda sendiri, dengan menuliskan konten atau artikel yang berkualitas di website anda sendiri, kesulitannya adalah anda harus menemukan ide-ide yang baru tiap harinya yang nantinya di tuangkan dalam artikel di website anda dengan tujuan menambahkan jumlah pengunjung ke website anda dengan harapan pengunjung tersebut menjadi loyal untuk terus mengunjungi website anda dalamdaily basis, dan menjadi sumber referensi bagi pengunjung anda yang akan memasukkan link website anda di website mereka.

unlimited
author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Metode SEO yang telah Usang"