Panduan Mudah Membuat Website bagi Pemula

Tidak ada komentar 179 views

Sebelum kita membuat website professional, terlebih dulu kita pahami dulu lima langkah sederhana berikut:

1. Pilih Jenis Website

Dengan menentukan model dan jenis website yang tepat, kita akan mempunyai gambaran dan bayangan seperti apa konsep website yang akan dibuat. Dengan Menentukan ide dan topik juga merupakan hal paling pertama yang harus kita lakukan sebelum membuat, mengonlinekan dan mempublikasikan website.  Ada banyak model dan jenis website yang bisa Anda pilih, namun secara garis besar ada 5 type dan jenis website, yaitu : Web e-commerce atau online store (toko online), Web Personal/Corporate ( Profil/Identitas), Web News ( Situs Berita informasi ), Web Media Sosial ( Komunitas Online )

2. Pilih Platform Website

Zaman sekarang membuat website itu sangat mudah dan tanpa perlu belajar bahasa coding sama sekali. Bahkan tidak perlu pakai code HTML, CSS, java-script dan PHP. kita bisa membuat website cukup dengan menentukan platform apa yang akan kita pakai, seperti empat tool yang sering digunakan:

  • Sistem Manajemen Konten. Pilihan terbaik untuk blog dan website yang mempublikasikan berbagai artikel/konten. WordPress, Joomla, dan Drupal adalah tiga contoh CMS.
  • Script ecommerce. Dilihat dari namanya saja kita sudah tahu kalau software ini digunakan apabila Anda hendak membuat toko online. PrestaShop, Magento, dan WooCommerce adalah contoh dari script e-commerce.
  • Website builder. Tool yang menawarkan kemudahan membuat website tanpa harus mengetahui dan menguasai bahasa pemrograman. Manfaatkan interface drag-and-drop yang telah dilengkapi dengan berbagai fitur!
  • Self-coded website. Jika Anda paham tentang pengembangan web, maka membuat self-coded site bukan merupakan hal yang mudah. Meskipun dalam proses pembuatannya memakan usaha dan waktu yang lama, Anda bisa menjalankan fitur apa pun yang penting bagi perkembangan website.

3. Pilih Jasa Hosting dan Domain

Sebagaimana telah kami jelaskan pada artikel sebelumnya, bahwa website itu membutuhkan hosting dan domain. Kalau kita ibaratkan Hosting itu sebuah rumah, sedangkan domain adalah alamat jalan raya nya.

Fungsi Hosting untuk menyimpan semua file website sehingga dapat diakses secara online. Semua file seperti tema, plugin, teks, media, kode HTML, hingga draft konten tersimpan di hosting.

Domain berfungsi sebagai alamat website Anda agar orang-orang bisa dengan mudah mengakses website Anda di browser. Misalnya, ketika orang ingin mengunjungi website unmetered, mereka hanya perlu mengetikkan www.unmetered.co.id di browser lalu muncul website unmetered.

Domain tidak harus selalu berakhir dengan .COM. Anda bisa memilih salah satu dari berbagai pilihan ekstensi domain yang ada. Dari .CO.ID, .WEB.ID, .NET, .INFO, .ONLINE, .SITE, .WEBSITE, hingga .XYZ.

4. Optimasi Website

Setelah website selesai dibuat, langkah terakhir adalah memperkenalkan dan mempromosikan website kita agar di kenal dan diketahui oleh seluruh dunia. Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah teknik optiomasi Search Engine atau biasa dikenal dengan sebutan SEO ( Search Engine Optimization). Teknik SEO ini secara garis besar terbagi atas 2 Teknik Optimasi, yaitu SEO Onpage dan SEO Offpage.

SEO On-page adalah strategi SEO yang dilakukan di halaman atau blog yang dimiliki yang bisa mempengaruhi peringkat serp pada mesin pencari, atau dengan kata lain optimasi website dari dalam, hal ini merupakan faktor yang menentukan teroptimasi atau tidaknya website anda terhadap mesin pencari dilihat dari dalam websitenya sendiri.

Optimasi on-page bertujuan agar mesin pencari mengetahui apakah website anda benar-benar yang memiliki kualitas terbaik, relevan/sesuai dengan keyword yang dicari oleh user.

SEO Off Page adalah teknik SEO yang dilakukan di luar blog/website. Pemilik blog/website harus melakukan optimasi dari luar halaman webnya untuk mendapatkan pengunjung, untuk menggiring user agar mengunjungi website kita. Teknik ini biasa disebut dengan “Link Building”, yakni Cara yang bisa dilakukan adalah seperti menyebar link website kita ke berbagai sosial media seperti Twitter, Facebook ataupun G+. atau komentar website tetangga.

Demikianlah, sedikit ulasan tentang Panduan membuat website, atau mengenal seluk beluk website serta tutorial langkah sebelum membuat website. Semoga bermanfaat

author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Panduan Mudah Membuat Website bagi Pemula"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.