Peluang Usaha Bisnis Domain Hosting

Tidak ada komentar 190 views
unmetered
unlimited

Hosting dan domain adalah mata rantai bisnis pengembangan web di era serba digital ini. Bisnis yang masih akan terus berkembang. Selama ada website, akan selalu membutuhkan hosting dan domain. Di Indonesia, potensi untuk membangun bisnis layanan hosting dan domain ini terbilang masih luar biasa. Terlebih lagi layanan digital yang terintergrasi dengan internet ini masih terus berkembang. Seperti kebutuhan untuk menyimpan data di cloud ataupun layanan virtual server lainnya yang memang di butuhkan bagi perorangan ataupun perusahaan.
Dengan melihat peluang ataupun potensi di bisnis ini. Sebuah potensi yang memberi kesempatan anda memperoleh passive income. Materi yang disajikan akan menuntun anda memahami apa itu bisnis layanan domain dan hosting, dan bagaimana menjalankannya. Dengan adanya karya ilmiah peluang bisnis layanan hosting dan domain ini saya akan membahas model bisnis hosting yang bisa anda jalankan, berapa harga sebenarnya paket hosting, berapa modal yang diperlukan, apa saja yang dibutuhkan atau digunakan untuk mengelola hosting anda, dan sebagainya.
Untuk memulai bisnis ini bisa dengan tidak diperlukannya pengetahuan yang mendalam tentang pemrograman, jaringan, atau apa pun yang terkait dengan hal-hal teknis. Tapi sebaiknya jika ingin bisnis anda berkembang pesat sudah pasti anda harus mempelajari segala aspek yang di butuhkan untuk membangun bisnis layanan hosting dan domain ini. Memang sudah banyak tools ataupun sofware yang membantu anda mengelola bisnis hosting dan domain dengan mudah, namun kita harus tetap melakukan dengan cara yang profesional agar bisnis kita sukses.
A. PENGERTIAN DOMAIN DAN HOSTING. 
Web Hosting / Hosting adalah salah satu bentuk layanan jasa penyewaan tempat di Internet yang memungkinkan perorangan ataupun organisasi menampilkan layanan jasa atau produknya di web / situs Internet. Tempat dapat juga diartikan sebagai tempat penyimpanan data berupa megabytes (mb) hingga terabytes (tb) yang memiliki koneksi ke internet sehingga data tersebut dapat diminta atau diakses oleh user dari semua tempat secara serentak atau bersamaan. Inilah yang menyebabkan sebuah website dapat diakses bersamaan dalam satu waktu oleh multi user.
Pada dasarnya sebuah server webhosting menggunakan adalah sebuah komputer biasa namun menggunakan beberapa komponen dan program dasar sebuah server serta disarankan harus mampu untuk online 24 jam setiap hari tanpa henti(nonstop) dan tanpa harus dimatikan dalam jangka waktu lebih lama daripada komputer biasa.
Nama domain (domain name) adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Nama domain berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai alamat IP. Nama domain ini juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web seperti contohnya “wikipedia.org”. Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah URL, atau alamat website.
Pada awalnya nama domain hanya dapat dituliskan dengan ke-26 abjad Latin, namun saat ini telah dimungkinkan untuk menggunakan abjad asing dengan Internasionalisasi nama domain.

B. MACAM-MACAM HOSTING 
Internet layanan hosting dapat menjalankan server Web (Web Service). Banyak perusahaan besar, yang bukan penyedia layanan internet, juga membutuhkan komputer secara permanen terhubung ke web untuk mengirim email, file, dll ke situs lain. Perusahaan dapat menggunakan komputer sebagai host situs untuk memberikan rincian barang dan jasa dan melayani untuk pesanan online.
Free web hosting service: ditawarkan oleh perusahaan yang berbeda dengan layanan yang terbatas, kadang-kadang didukung oleh iklan, dan sering terbatas jika dibandingkan dengan hosting berbayar.
Shared web hosting service: situs seseorang ditempatkan pada server yang sama dengan situs lainnya, mulai dari beberapa ke ratusan atau ribuan. Biasanya, semua domain dapat berbagi kolam renang umum sumber daya server, seperti RAM dan CPU. Fitur yang tersedia dengan layanan jenis ini bisa sangat luas.
Reseller hosting web: memungkinkan klien untuk menjadi web host sendiri. Reseller bisa berfungsi, untuk domain individu, di bawah setiap kombinasi jenis terdaftar dari hosting, tergantung pada siapa mereka berafiliasi dengan sebagai reseller.
Dedicated Server Virtual: juga dikenal sebagai Virtual Private Server (VPS), membagi sumber daya server ke server virtual, di mana sumber daya dapat dialokasikan dengan cara yang tidak langsung mencerminkan hardware.
Dedicated hosting service: pengguna mendapatkan server Web-nya sendiri dan keuntungan kendali penuh atas hal itu (pengguna memiliki akses root untuk Linux / akses administrator untuk Windows.
Managed hosting service : pengguna mendapatkan server web nya sendiri tetapi tidak diperbolehkan kontrol penuh atas hal itu (pengguna ditolak akses root untuk Linux / akses administrator untuk Windows), namun, mereka diizinkan untuk mengelola data mereka melalui FTP atau terpencil alat manajemen.
Colocation layanan web hosting: mirip dengan layanan dedicated web hosting, tetapi pengguna memiliki server colo (hardware server), perusahaan hosting menyediakan ruang fisik yang mengambil server dan mengurus server. Ini adalah jenis yang paling kuat dan mahal dari layanan web hosting.
Cloud Hosting: adalah jenis baru dari platform hosting yang memungkinkan pelanggan yang kuat, hosting terukur dan dapat diandalkan berdasarkan cluster load- seimbang server dan tagihan utilitas. Awan hosting juga memungkinkan penyedia untuk membebankan pengguna hanya untuk sumber daya yang dikonsumsi oleh pengguna, daripada biaya tetap untuk jumlah pengguna mengharapkan mereka akan menggunakan, atau dimuka biaya investasi perangkat keras tetap.
Clustered hosting: memiliki beberapa server hosting konten yang sama untuk pemanfaatan sumber daya yang lebih baik. Clustered Server adalah solusi sempurna untuk ketersediaan tinggi dedicated hosting, atau menciptakan solusi web berskala hosting. Sebuah cluster dapat memisahkan melayani web dari kemampuan database hosting. (Biasanya host Web menggunakan Clustered Hosting untuk rencana Bersama mereka hosting, karena ada beberapa keuntungan dengan massa managing klien)
Grid hosting: bentuk ini didistribusikan hosting adalah ketika sebuah server cluster bertindak seperti kotak dan terdiri dari beberapa node.

C. POTENSI BISNIS DOMAIN DAN HOSTING. 
Peluang bisnis hosting dan reseller domain memang cukup baik, saya pernah baca sebuah artikel dari luar yang kurang lebih menjelaskan tentang sebuah riset pasar dalam dunia bisnis, dan menerangkan bahwa bisnis yang akan terus berkembang dan meningkat untuk beberapa tahun kedepan, diantaranya adalah bisnis internet, ya termasuk hosting, domain dan bisnis online lainnya.
Walaupun memang secara alami bahwa sebuah bisnis yang sedang booming, pasti akan menemukan persaingan yang sangat ketat. begitupun dalam bisnis internet, hosting dan domain. sekarang banyak yang menawarkan harga yang miring untuk mendapatkan konsumen yang sebanyak-banyaknya, ya itu memang wajar, karena memang sekarang kondisi ekonomi kita lagi kurang stabil. tapi mudah-mudahan mereka menawarkan harga murah dan terjangkau, dengan dimbangi kualitas dan keuntungan yang membuat konsumen puas dan loyal. Murah boleh, tapi jangan sampai jadi murahan. dan harus ingat pada standar harga yang telah ditentukan dan berlaku di pasaran.
Meskipun begitu untuk Hosting masih bagus meskipun persaingan makin hari makin banyak minimal BEP masih bisa didapat asal bukan cuman online market aja melainkan dibumbui dengan offline market juga.

D. PELUANG BISNIS RESELLER HOSTING 
Seiring dengan meningkatnya kemajuan teknologi informasi (internet). Semakin menjamur pula jumlah website di dunia maya. Karena hal itu pula, muncul persaingan- persaingan bisnis domain. Sebut saja domain berkesistensi .(dot)com, .(dot)net, .(dot)org, .(dot)info. Bisnis reseller hosting merupakan salah satu peluang usaha yang cukup diminati oleh sebagian pebisnis online.

Ada beberapa hal yang harus di persiapkan untuk menjalani bisnis layanan hosting dan domain ini, berikut adalah beberapa hal yang harus dipersiapkan yang wajib diperhatikan:
Bisnis Plan.
Buat Bisnis Plan Anda. Cari data sebanyak-banyaknya tentang bisnis web hosting, para penyedia reseller hosting dan domain, serta buat anggaran bisnis Anda untuk satu tahun ke depan.
Reseller Hosting.
Beli paket reseller hosting sehingga Anda dapat menjual paket hosting kepada klien Anda. Anda dapat mulai dengan 1 ~ 5 Gigabiyte paket reseller dan upgrade kemudian, ketika klien Anda bertambah. Harga paket reseller bervariasi pada beberapa perusahaan hosting. Silakan cari perbandingan, dan tentukan kualitas dan harganya.
Reseller Domain Name.
Beli juga paket reseller domain untuk memulai bisnis Anda. Anda bisa menjadi reseller dengan deposit terlebih dahulu. Pilih reseller dengan harga yang murah, sehingga Anda bisa mengambil margin keuntungan yang lebih banyak.
Buat Website Anda.
Anda harus membuat website Anda sendiri untuk menjual produk web hosting dan domain Anda. Anda bisa mendesain sendiri website Anda, atau menyewa desainer profesional untuk mebuat website Anda. Beberapa perusahaan hosting tertentu juga kadang-kadang ada yang memberikan gratis template hosting dengan paket reseller hosting mereka sehingga Anda hanya dapat mengedit kembali template dan Anda sudah siap untuk digunakan kemudian.
Billing Software .
Anda harus memiliki billing software diinstal pada situs web hosting web Anda sehingga Anda dapat mengetahui ketika ada klien yang memesan web hosting atau domain name, juga agar mereka bisa memesan dan memperbarui pesanan tepat waktu. Billing sofware memungkinkan Anda untuk mengelola klien dan pembelian. Anda dapat mengintegrasikan alat pembayaran online juga di perangkat lunak tersebut sehingga Anda dapat menerima pembayaran melalui transfer bank lokal, kartu kredit, paypal atau yang lain. Beberapa script penagihan populer adalah Account lab pro, Modernbill, Clientexec, Whmautopilot, WHMCS, WHMBill, BoxBilling, WhoisCart. Beberapa penyedia reseller memberikan billing sofware gratis Jika Anda membeli paket reseller hosting yang Anda dapat instal kontrol cPanel.
Payment Gateway (Sarana Pembayaran).
Selain menerima pembayaran melalui bank lokal Anda, Anda juga bisa menerima pembayaran online dengan kartu kredit atau online bank lainnya. Menerima pembayaran online adalah wajib bagi setiap perusahaan hosting. Anda harus mendaftar untuk account anda di online bank sehingga Anda bisa menerima pembayaran online. Beberapa pembayaran yang populer gateway adalah 2CheckOut, Ccavenue, Authorise.net, Worldpay dll. Selain itu Anda dapat mendaftar juga dengan paypal sehingga Anda dapat menerima pembayaran dari orang-orang yang memiliki account paypal.
Dukungan perangkat lunak.
Untuk memberikan dukungan yang tepat untuk pelanggan hosting Anda sangat sangat penting agar mereka tidak akan beralih ke kompetitor Anda. Sebaiknya Anda memiliki dukungan sofwtare diinstall pada website Anda, sehingga pelanggan dapat mengirim pesan ketika mereka memiliki masalah atau pertanyaan. Beberapa script dukungan populer adalah Kayako Esupport, Cereberus, Perldesk, Deskpro dll.
Iklan dan Pemasaran.
Setelah Anda telah menyiapkan segala sesuatu dan situs Anda sedang online Anda harus mengiklankan bisnis Anda di direktori, mesin pencari, google, yahoo, facebook, dan situs-situs populer lainnya, dll.

unlimited
author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Peluang Usaha Bisnis Domain Hosting"