Trader Professional Tom Bierovic

Tidak ada komentar 198 views
Tom Bierovic, trader terkenal dan manager sistem trading dari Omega Research, Inc., telah menyusun sejumlah peraturan baku untuk digunakan dalam trading, tetapi ia lebih mengutamakan kebebasan dalam menentukan posisi dan membuat suatu keputusan penting dalam trading. Kebebasan dan keleluasaan untuk mengambil keputusan tersebut ia tempatkan pada urutan paling atas peraturan baku yang dibuatnya. Bierovic merasa sangat beruntung karena bisa mengenal bisnis trading futures dalam usia yang masih sangat muda. Ayahnya seorang trader pada Mid America Exchange. Tom membantu membuat plot perubahan harga pada chart daily dan weekly untuk komoditi agricultural, dan ia memperoleh “uang lelah” untuk pekerjaan tersebut. “Saat itu trading belum menggunakan komputer, dan kita tidak mempunyai perangkat komputer. Jadi saya memperoleh harga penutupan pasar hari itu dari surat kabar sore.” Bierovic menjelaskan.

           

Pada liburan musim panas, Bierovic bekerja pada floor trading ayahnya. “Saya membuat plot simple moving average 10 periode untuk harga closing pada time frame 15 menit.” jelasnya. “Ayah saya memang trading dengan teknik scalping, tetapi ia hanya akan membuka atau menutup posisi tradingnya sesuai dengan rekomendasi yang saya buat pada pergerakan trend di time frame 15 menit.” Bierovic menambahkan. Saat itu ia membuat plot beberapa indikator teknikal dengan hitungan tangan (cara manual). Selain moving averages, indikator yang ia hitung setiap hari dengan cara manual adalah stochastics, RSI, MACD dan ADX. “Oh, tentu saja sekarang saya tidak melakukan cara manual itu lagi,” katanya, “tetapi hal itu akan sangat berguna jika Anda mulai belajar analisa teknikal.” tambah Bierovic.
Tom Bierovic trading di pasar saham dan pasar komoditi sejak tahun 1971, dan kini ia tinggal di pinggiran kota Chicago, mengelola sejumlah account jutaan dollar dan menyebut dirinya sebagai “trader yang bebas, dengan metode yang sangat spesifik. Saya menuliskan semua aturan dengan jelas dan rinci hingga semua trader bisa menggunakan sistem trading yang saya buat. Tetapi, saya tidak benar-benar terikat dengan aturan itu, sering kali saya menyimpang saat harus memutuskan sesuatu yang penting. Ya, saya mengutamakan kebebasan untuk mengambil keputusan penting.”
Disamping trading, Bierovic juga aktif terlibat dalam berbagai seminar di 35 negara. Ia juga terkenal sebagai penulis analisa teknikal dan sistem trading di berbagai media keuangan utama Amerika, Eropa dan Asia. Tak kurang dari Futures magazine, Futures World News, dan majalah Technical Analysis of Stocks and Commodities selalu melakukan wawancara yang mendalam dengan Tom Bierovic. Ia aktif menulis buku mengenai analisa teknikal, beberapa yang terkenal antara lain The Momentum Retracement Method for Successfully Buying Countertrend dan Playing for Keeps: Ten Trading Systems That Really Work (Wiley & Sons 1999) yang menjelaskan beberapa topik tentang sistem trading dan pengembangannya.
Bierovic memang seorang chartist, trader teknikal tulen. Ia bahkan sengaja tak mau tahu apapun tentang analisa fundamental. “Semua akibat dari faktor fundamental telah tercermin dengan begitu sempurna pada pergerakan harga pasar sekarang.” katanya mengutip kaidah klasik analisa teknikal. “Analisa teknikal lebih mudah diterapkan. Anda tentu tahu tentang psikologi sosial yang mendasari analisa teknikal, karakter massal yang berhubungan dengan harapan, rasa tamak dan ketakutan.” jelasnya. Dalam bukunya The Momentum Retracement Method for Successfully Buying Countertrend dijelaskannya apa yang dinamakan retracement momentum, yang mencakup pengetahuan tentang arah dan kualitas sebuah trend hingga bisa ditentukan saat-saat terjadinya reaksi counter trend, dan bisa dihitung resikonya dengan benar. “ Dari yang selama ini saya alami, saya hanya akan berusaha untuk 40% benar dan menerapkan risk/reward ratio 1:2. Saya sudah cukup nyaman dengan aturan yang saya buat tersebut.” katanya.
Satu hal penting yang diungkapkan Bierovic sebagai pakar analisa teknik adalah bahwa analisa teknikal akan bisa berjalan dengan baik pada pasar yang volume perdagangannya besar dan sangat likuid. Ia mencontohkan pasar yang tidak memenuhi kriteria tersebut misalnya palladium (untuk pasar komoditi) dan Australia dollar (untuk pasar forex). Apa nasehatnya untuk para trader pemula? “Sudah barang tentu Anda, trader pemula, mengetahui dengan pasti keadaan psikologi dan kepribadian Anda. Anda tidak bisa berbohong dalam menentukan gaya trading (trading style) yang sangat mencerminkan kepribadian Anda yang sebenarnya.” katanya.
“Menurut pendapat saya, belajarlah analisa teknikal dengan benar dan terapkan dalam trading. Jangan cepat putus asa ketika loss, atau merasa sebagai pahlawan ketika profit. Hal itu tak ada gunanya, lebih baik Anda membuat metode dan menyusun sebuah peraturan trading yang mesti Anda ikuti dengan disiplin. Sebelum Anda benar-benar paham dan mengerti kondisi pasar, jangan meniru saya dengan menyimpang dari aturan.” jelas Tom Bierovic.

Sumber : News For The Financial World

author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Trader Professional Tom Bierovic"